Sukses

Miliki 3 Jenis Teman Seperti Ini untuk Kesehatan Mental

Teman yang baik membuat kesehatan mental kita ikut baik juga

Liputan6.com, Jakarta - Ada berapa orang teman Anda? Berapapun jumlah teman Anda, pastikan Anda memiliki tiga jenis teman ini.

Psikolog dan pakar hubungan Wendy Walsh dalam TikToknya menguraikan 3 jenis pertemanan. Setiap orang harus memiliki tiga jenis teman ini yakni teman lama, teman yang memiliki minat yang sama, dan teman akrab. 

Menurut Walsh, apabila Anda dikelilingi tiga kelompok teman ini dapat bermanfaat bagi kesehatan mental Anda karena setiap tipe teman tersebut dapat memberikan kebutuhan emosional atau relasional yang berbeda. 

Dikutip Business Insider pada Minggu, 14 November 2021, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki persahabatan yang kuat lebih mungkin untuk hidup lebih lama dan percaya diri, dan lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi depresi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Bedanya Punya Teman Seperti Ini

Apa perbedaan ketiga jenis teman ini? Walsh, menjelaskan, untuk teman lama ini merupakan orang yang sudah lama dikenal, biasanya sejak kecil. Jenis teman lama seperti ini mengingatkan kita untuk menjadi otentik.

"Karena ketika kita menghabiskan waktu bersama mereka, kita dibawa kembali ke masa kecil kita," ujar Walsh.

 

3 dari 5 halaman

Teman dengan Minat yang Sama

Bagaimana dengan teman yang memiliki minat yang sama? Walsh bilang, jenis teman ini juga harus dimiiki sehingga Anda bisa menghabiskan waktu bersama karena minat yang sama.

"Kita mungkin memiliki batasan dengan beberapa teman ini, tetapi apa pun kesenangan yang kita lakukan, kita ingin membaginya dengan seseorang," kata Walsh.

4 dari 5 halaman

Teman Akrab

Terakhir, adalah teman akrab. Menurut Walsh, teman akrab inilah yang bisa Anda andalkan. Kehadiran mereka penting saat Anda membutuhkan dukungan ekstra.

"Orang itu yang bisa Anda hubungi dari ruang gawat darurat rumah sakit atau orang yang akan membawa Anda ke bandara," kata Walsh.

5 dari 5 halaman

Infografis Anak Muda Sayangi Lansia, Ayo Temani Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.