Sukses

Cara Sederhana Atasi Mata Kering Ala Rumahan

Seseorang dengan mata kering mungkin perlu melakukan kombinasi terapi yang mencakup pengobatan rumahan, over-the-counter, resep, dan bahkan perawatan alternatif.

Liputan6.com, Jakarta - Apabila Anda berjuang dengan kondisi mata kering, ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan di rumah. Namun, belum ada satu solusi sempurna. 

Seseorang dengan mata kering mungkin perlu melakukan kombinasi terapi yang mencakup pengobatan rumahan, over-the-counter, resep, dan bahkan perawatan alternatif. 

Mata kering ini terjadi ketika mata tidak menghasilkan cukup air mata untuk tetap basah atau ketika air mata tidak bekerja dengan benar. Kondisi ini bisa saja singkat atau kronis. Demikian disampaikan Ami A. Shah, MD, oftalmologi bersertifikasi seperti dilansir Very Well Health. 

Shah menjelaskan salah satu pengobatan yang bisa dicoba oleh pemilik mata kering dengan perubahan gaya hidup. Dokter mata Anda juga bisa merekomendaskan obat tetes mata yang dijual bebas atau air mata buatan. Namun, apabila kondisinya terus berlanjut, Anda mungkin memerlukan obat resep atau prosedur lain seperti memasang sumbat punctal untuk memblokir saluran air mata Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Rumahan

Beberapa cara rumahan untuk mengatasi mata kering yang bisa Anda coba antara lain:

1. Oleskan kompres hangat ke mata Anda

Ini dapat membantu melepaskan minyak di kelenjar kelopak mata, membantu meningkatkan kualitas air mata.

2. Berkacamata 

Lindungi mata Anda dari sinar matahari dan angin dengan kacamata hitam atau kacamata lainnya.

3. Terhidrasi

Tetap terhidrasi dan minum banyak air sepanjang hari.

4. Minuman beralkohol

Hindari alkohol dan kurangi konsumsi zat lain yang dapat menyebabkan dehidrasi.

5. Rokok dan asapnya

Hindari merokok dan paparan asap rokok.

6. Istirahatkan mata

Istirahatkan mata Anda—terutama jika Anda melihat monitor komputer untuk waktu yang lama. Beristirahatlah dan tutup mata Anda beberapa kali setiap jam.

7. Pakai humidifier

Ini agar udara di rumah Anda tidak terlalu kering.

8. Tambahkan filter udara berkualitas tinggi 

Penggunaan air filter di rumah untuk menghilangkan alergen dan iritasi dari udara.

9. Istirahatkan lensa kontak

Beristirahatlah dari lensa kontak Anda jika Anda memakainya. Pakailah kacamata sebagai gantinya.

10. Bicara dengan dokter

Berbicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang obat-obatan yang mungkin menyebabkan atau memperburuk mata kering Anda, seperti aspirin, opioid, dan antidepresan.

3 dari 3 halaman

Air Mata Buatan

Shah mengatakan, apabila pengobatan rumahan tidak cukup untuk mengobati mata kering Anda, beberapa perawatan yang dijual bebas dapat membantu. Seperti air mata buatan.

"Air mata buatan yang paling aman tidak mengandung bahan pengawet. Tetes mata dengan pengawet dapat menyebabkan iritasi ekstra, terutama bagi orang dengan mata kering yang parah," ujarnya. 

Tetes mata bebas pengawet memiliki lebih sedikit aditif dan biasanya direkomendasikan untuk mereka yang memiliki mata kering sedang hingga parah.

Jika pengobatan rumahan dan solusi yang dijual bebas tidak membantu, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Mereka akan meresepkan obat yang dapat membantu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.