Sukses

Jokowi Minta Harga PCR Turun Jadi Rp300 Ribu, Kemenkes: Sedang Dikaji

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan sedang mengkaji soal penurunan harga tes PCR menjadi Rp300.000. Hal ini menyusul arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginginkan harga PCR dapat turun.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi menyampaikan bahwa koordinasi penyesuaian harga PCR terus dilakukan bersama kementerian/lembaga terkait. Apalagi syarat tes PCR direncanakan secara bertahap digunakan untuk moda transportasi lain, selain udara.

"Saat ini, sedang dikaji bersama dengan Satgas COVID-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kemenkes, Kementerian Perhubungan," ujar Nadia saat dikonfirmasi Health Liputan6.com pada Selasa, 26 Oktober 2021 melalui pesan singkat.

"Dan dilakukan konsultasi dengan berbagai pihak dengan organisasi profesi, pihak laboratorium, distributor juga auditor pemerintah."

Koordinasi pun akan didiskusikan demi mencapai persetujuan. Masyarakat diminta bersabar menunggu hasil keputusan nanti.

"Setelah final akan disampaikan," imbuh Nadia.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 3 halaman

Harga PCR Rp300.000 Paling Murah

Perihal harga tes PCR bila turun Rp300.000, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut, angka itu sudah paling murah dibandingkan dengan tes PCR di bandara di dunia.

"Saat ini, harga (tes PCR) kita yang Rp900.000 itu kira-kira 25 persen paling murah dibandingkan dengan harga PCR di airport-airport," ungkap Budi Gunadi saat Konferensi Pers tentang Evaluasi Program PC-PEN dan Optimalisasi Anggaran Program PEN 2021 pada Selasa, 26 Oktober 2021.

 "Kalau, misalnya diturunkan Rp300.000, itu mungkin masuk 10 persen kuartal yang paling murah, dibandingkan dengan harga PCR airport yang di dunia."

Jika dilihat dari data Airport PCR Test Prices yang dihimpun Kementerian Kesehatan, harga PCR paling murah ditempati oleh India. Ini karena mereka punya pabrik pembuatan PCR di negaranya. (Selengkapnya: Jokowi Minta Harga Tes PCR Rp300.000, Menkes: Pemerintah Tak Ada Rencana Subsidi)

3 dari 3 halaman

Infografis Cek Fakta Kumpulan Hoaks Seputar Swab Tes