Sukses

Rachel Vennya Disebut Kabur Saat Karantina, Seperti Apa Ketentuannya?

Rachel Vennya disebut warganet kabur setelah tiga hari karantina sepulangnya dari AS

Liputan6.com, Jakarta Selebritis Instagram Rachel Vennya disebut kabur dari karantina di Wisma Atlet usai berlibur dari Amerika Serikat. Dia dikabarkan tidak menjalankan karantina delapan hari sesuai ketentuan, melainkan hanya tiga hari.

Terkait ketentuan karantina COVID-19, Pakar Epidemiologi Griffith University Australia, dr Dicky Budiman M.Sc Ph.D menjelaskan bahwa karantina yang harus dijalani warga negara Indonesia (WNI) atau warga negara asing (WNA) yang baru datang di Indonesia ada dua kriteria.

“Pertama, kalau dia sudah divaksinasi penuh dan tes PCR-nya negatif baik tiga hari sebelum keberangkatan maupun pas kedatangan maka tujuh hari cukup untuk menjalani karantina,” kata Dicky kepada Health Liputan6.com melalui pesan suara, Senin (11/10/2021).

[bacajuga:Baca Juga](4680341 4680822 4680417]

Kriteria kedua, jika ketika datang dari luar negeri seperti Rachel Vennya atau pada saat karantina ternyata positif COVID-19, harus karantina 14 hari, tanpa terkecuali.

“Ini harus dilakukan di fasilitas yang ditunjuk oleh pemerintah atau untuk kenyamanan peserta karantina bisa juga bekerja sama dengan hotel sesuai kemampuan penduduk tersebut. Kepatuhan berkaitan dengan kenyamanan, jika ingin fasilitas lebih baik tentu dengan biaya masing-masing," katanya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesaksian Warganet

Kabar Rachel Vennya langgar aturan karantina menyebar di media sosial terutama di akun-akun gosip. Salah satu yang ramai adalah akun @playitsafebaby di Instagram.

Akun itu mengunggah salah satu komentar warganet yang mengungkap sikap Rachel Vennya selama di karantina.

"Gua yang nginput data dia di Wisma Atlet Pademangan, demi Allah.. puas? gua tanyain alamat di mana sok-sok bego, sampe-sampe satu kamar sama si Salim padahal bukan suami istri gua minta buku nikah katanya mereka bertiga kok sama manager Rachel yang cewek," tulis seorang warganet.

3 dari 4 halaman

Warganet Kesal

Warganet tersebut juga mengatakan bahwa ia punya bukti Instagram Story Rachel yang sedang di kamar Wisma Atlet, tapi dihapus dua menit kemudian.

"Gua juga ada bukti Rachel yang update story di kamar Wisma Atlet tapi setelah 2 menit langsung dihapus.”

“Kenapa gua kesel sama dia? Karena dia dengan mudahnya lolos karantina sedangkan banyak di sini para TKW yang udah berumur terpaksa karantina 8 hari, ada yang ortu meninggal, anak meninggal, tapi terpaksa harus 8 hari sedangkan ni org dengan enaknya cma 3 hari," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.