Sukses

3 Tahun Pensiun Jadi Atlet, Liliyana Natsir Masih Aktif Bermain Bulu Tangkis?

Liputan6.com, Jakarta Hingga saat ini, nama Liliyana Natsir tetap berkumandang sebagai salah satu atlet bulu tangkis bersejarah di Indonesia. Sejak pensiun pada 2019 lalu, Liliyana ternyata masih melakukan berbagai kegiatan untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat.

“Kalau saya sendiri setelah pensiun itu enggak berhenti total. Saya masih terus bergerak, selain tetap olahraga di rumah. Sebelum PPKM ini saya juga masih suka latihan bulu tangkis. Investasi untuk masa depan, tetap bergerak aktif,” ucap Liliyana dalam Press Launch Anlene Actifit 3x dan Anlene Gold 5x yang dilakukan virtual pada Selasa, (3/8/2021).

Wanita yang dikenal dengan panggilan Butet ini mengungkapkan, upayanya untuk tetap bergerak aktif dan olahraga rutin merupakan salah satu bentuk self-care. 

“Kayak istilah orang bilang percuma uang banyak kalau enggak sehat, nanti enggak bisa nikmati. Itu yang saya sadari selama ini walaupun mager (malas gerak) gede, banyak duduk, dan ngemil. Motivasi untuk diri sendiri mesti tetap dijaga,” ucap Liliyana.

2 dari 5 halaman

Jaga kondisi tubuh lewat olahraga

Olahraga menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga kondisi tubuhnya. Mengingat kondisi yang masih mengharuskan kita untuk tetap di rumah, Liliyana pun mengakali dengan olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

“Saya lebih ke olahraga sederhana, karena kita juga olahraga keluar takut ya. Jadi saya lebih ke olahraga di dalam rumah. Olahraga yang dipilih itu berlari, berjalan, melompat yang kalau kita lakukan dengan benar itu berkeringat dan capek juga,” ucap Liliyana.

Ditambah, eufotia dari kemenangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu masih begitu terasa. Liliyana mengungkapkan, kemeriahan dari Oimpiade tersebut bisa digunakan untuk ikut semangat dalam berolahraga.

“Harapan saya dengan Olimpiade kemarin itu teman-teman jadi tambah semangat, tambah rajin berolahraga. Yang tadinya gak pengen olahraga, jadi pengen berolahraga karena euforia-nya nyangkut,” jelas Liliyana.

 

3 dari 5 halaman

Menjaga asupan nutrisi

Selain berolahraga, menjaga asupan nutrisi yang tepat juga dianggap penting. Walaupun telah lama gantung raket, Liliyana tetap memperhatikan asupan yang masuk bagi tubuhnya.

“Umur kan bertambah terus, banyak kebutuhan untuk sendi, otot, dan tulang yang harus dicukupi. Dengan minum susu, makan sehat, konsumsi buah dan sayur. Jadi selain bergerak aktif dan olahraga, saya juga mengonsumsi nutrisi yang tepat untuk tubuh saya,” tutup Liliyana. 

4 dari 5 halaman

Infografis

5 dari 5 halaman

Simak juga video berikut