Sukses

Harapan Luhut: 31 Juta Orang Divaksin COVID-19 pada Juli 2021

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan berharap 31 juta orang dapat divaksin COVID-19 pada Juli 2021. Angka tersebut sebagaimana target yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan sehari 1 juta suntikan.

"Pada Juli 2021, vaksinasi COVID-19 ditargetkan mencapai rata-rata 1 juta per hari. Saya laporkan, kadang-kadang bisa 1 juta, kadang lebih, kadang di bawah," terang Luhut saat memberikan perkembangan terkini PPKM Darurat pada Kamis, 15 Juli 2021.

"Jadi, kita masih ingin supaya 31 juta disuntikkan pada bulan ini."

Pemerintah terus berupaya mempercepat vaksinasi COVID-19 demi tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity). Vaksinasi menjadi salah satu upaya terlindung dari penularan virus Corona.

"Percepatan vaksinasi juga penting penting, ya memang kita juga ramai soal adanya varian virus Corona yang bisa membuat efikasi vaksin turun. Tapi pengalaman kita, orang yang disuntik, untuk sampai pada meninggal angkanya sangat kecil," lanjut Luhut Panjaitan.

"Walaupun jumlahnya besar yang kena banyak juga meninggal. Mungkin kekurangan obat atau mungkin juga kekurangan oksigen."

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

2 dari 4 halaman

Cakupan Vaksinasi COVID-19 Terus Meningkat

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah daerah, TNI dan Polri juga berjalan baik. Hal ini mendorong percepatan vaksinasi setiap provinsi yang meningkat.

"Mereka bekerja dengan sangat baik. Cakupan vaksinasi COVID-19 per provinsi terus meningkat. Bali tertinggi, kemudian DKI Jakarta yang sekarang (cakupan vaksinasi) sudah 65 persen," Luhut B. Panjaitan menambahkan.

"Kita harapkan Jakarta kalau sampai 70 persen mulai dekat dengan herd immunity. Di Bali juga saya kira dalam waktu tidak lama juga makin baik."

Sebagaimana data yang dipaparkan Menko Luhut, cakupan vaksinasi COVID-19 di Bali mencapai 80,77 persen penyuntikan dosis pertama dan 23,34 persen suntik dosis kedua. Di Jakarta, cakupan vaksinasi mencapai 65,18 persen suntik dosis pertama dan 22,86 persen suntik dosis kedua.

Adapun kota-kota besar lain di Jawa dan Bali ditargetkan dapat mencapai 70 persen vaksinasi dosis pertama pada akhir Agustus 2021.

3 dari 4 halaman

Infografis Vaksinasi Nasional Berpacu dengan Serbuan Covid-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: