Sukses

Hasto Wardoyo Dinobatkan Jadi Tokoh Bebas Stunting dalam Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021

Mengemban misi menurunkan angka stunting di Indonesia, Hasto Wardoyo bersama BKKBN siap.

Liputan6.com, Jakarta Di antara deretan nama wanita, ada satu nama pria yang dinobatkan oleh Liputan6.com sebagai tokoh inspiratif Indonesia dalam rangkaian acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021. Sosok tersebut adalah Hasto Wardoyoo.

Dalam gelaran Anugerah Perempuan Hebat Indonesia kali ketiga, Liputan6.com menobatkan Hasto Wardoyo sebagai Tokoh Indonesia Bebas Stunting.

"Penghargaan khusus ini untuk sosok inspiratif yang sudah tidak diragukan lagi kerja, karya dan prestasinya," kata Pemimpin Redaksi Liputan6.com Irna Gustiwati.

Sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto didaulat Presiden RI Joko Widodo pada 25 Januari 2021 sebagai ketua pelaksana percepatan penurunan prevalensi stunting atau kekerdilan di Indonesia.

Dengan program di bawah kendali Hasto, Jokowi menargetkan kasus stunting di Indonesia pada 2024 bisa turun 14 persen dari angka 27,6 persen pada 2019.

Mendapat tugas yang tidak mudah dari Jokowi, Hasto dan BKKBN menyatakan siap mendukung pencegahan dan penurunan prevalensi stunting serta membentuk keluarga Indonesia yang berkualitas, bahagia, dan sejahtera.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Edukasi di Berbagai Kesempatan

Dalam berbagai kesempatan, Hasto kerap menyampaikan upaya yang perlu dilakukan guna mencegah terjadinya stunting.

Hasto menyampaikan dari lima juta kelahiran bayi setiap tahun sebanyak 1,2 juta bayi lahir dengan kondisi stunting. Maka dari itu, pencegahan stunting dimulai dari sebelum terjadi kehamilan dengan memastikan calon ibu hamil mengonsumsi asupan nutrisi yang sehat.

"Kalau dia kekurangan nutrisi, anaknya bisa stunting, kan repot, " kata pria yang juga dokter kebidanan dan kandungan ini.

Jika pun anak terlahir dengan panjang badan kurang dari 48 cm, saat dibesarkan bisa mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga tidak stunting.

"Saya berharap sampai usia 6 bulan di dalam perawatan kita, yang panjangnya kurang dari 48 senti sudah teratasi sehingga tidak menjadi stunting. Akhirnya akan sesuai dengan umur, panjangnya, dan kecerdasannya akan tercapai," kata mantan Bupati Kulon Progo itu saat menjadi moderator dalam Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021.

Selain Hasto, terdapat tokoh lain yang juga mendapat penghargaan dalam ajang Anugerah Perempuan Hebat 2021, berikut daftarnya:

- Retno Marsudi, Tokoh Perempuan Inspiratif

- Sri Mulyani Indrawati, Tokoh Perempuan Inspiratif

- I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Tokoh Perempuan Inspiratif

- Handayani, Tokoh Perempuan Inspiratif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.