Sukses

5 Manfaat Berlatih Mindfulness untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Liputan6.com, Jakarta - Berlatih mindfulness dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Namun, tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental, latihan mindfulness juga mampu menjaga kesehatan fisik.

Latihan mindfulness membantu Anda mengizinkan pikiran negatif datang dan pergi sementara Anda memusatkan perhatian ke hal lain. Ini membuat Anda mengakui pikiran negatif dan tidak membiarkannya menjadi musuh sehingga mengganjal kebahagiaan dan kesehatan Anda.

Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berlatih mindfulness, dilansir dari MedicineNet:

1. Mengurangi tekanan mental

Penelitian menunjukan bahwa orang dengan gangguan bipolar atau gangguan kecemasan mungkin akan mendapat manfaat dari mindfulness. Pasalnya, latihan ini akan membantu penderita mengurangi kebutuhan obat antidepresan. 

2. Pengendalian diri

Secara bertahap, mindfulness membantu Anda memproses emosi dengan lebih baik. Pada akhirnya, hal ini akan memberi Anda lebih banyak kendali atas emosi Anda dan memprosesnya secara berbeda.

2 dari 4 halaman

3. Mengurangi rasa sakit

Mindfulness membantu Anda merasakan berbagai macam emosi, termasuk yang positif. Ini memungkinkan Anda mengendalikan rasa sakit meski mungkin tidak dapat menghilangkan rasa sakit tersebut.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Dengan berkurangnya tingkat kecemasan maka kesehatan jantung akan menjadi lebih baik. 

5. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Berlatih mindfulness dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda dan membuat hidup lebih lama. Melatih tubuh untuk mencapai keadaan relaksasi setiap hari dapat meningkatkan suasana hati, menurunkan tekanan darah, memperbaiki pencernaan, dan mengurangi stres sehari-hari.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut