Sukses

Jokowi: Pembuatan Vaksin Harus Mengedepankan Kehati-hatian

Jokowi tegaskan pembuatan vaksin harus mengedepankan kehati-hatian.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pembuatan vaksin, termasuk vaksin COVID-19 harus mengedepankan prinsip kehati-hatian. Hal ini penting agar vaksin yang dihasilkan terjamin mutu, keamanan, dan khasiatnya.

Upaya mengedepankan kehati-hatian dalam pembuatan vaksin pun harus melalui serangkaian uji klinik. Perlu ada pelibatan ahli di bidangnya.

"Untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat, dan bermutu juga harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik, kaidah-kaidah keilmuan," tegas Jokowi saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Jumat, 12 Maret 2021.

"Uji klinik harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku, terbuka transparan, serta melibatkan banyak ahli. Tahapan ini penting dilakukan untuk membuktikan bahwa proses pembuatan vaksin sangat mengedepankan unsur kehati-hatian dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah."

Pengembangan vaksin, terutama karya anak bangsa harus tetap didukung. Tujuannya, agar terwujud kemandirian bangsa.

"Tentunya, kita akan selalu mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para inovator, apalagi dalam situasi pandemi COVID-19. Kita semua mendukung adanya penelitian dan pengembangan, baik obat maupun vaksin," terang Jokowi.

"Ya, agar terwujud kemandirian di bidang farmasi sekaligus percepatan akses ketersediaan vaksin di masa pandemi COVID-19. Saat ini, vaksin yang tengah dikembangkan di Tanah Air adalah Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara yang terus harus kita dukung."

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Orang Tak Divaksin 3 Kali Lebih Berisiko Terpapar Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.