Sukses

Sertifikasi CHSE dan HACCP, Cara Penginapan Raih Kepercayaan Pengunjung Soal Keamanan Kesehatan

Selain CHSE, banyak hotel juga berupaya meraih sertifikasi Hazard Analysis & Critical Control Point (HACCP) guna meyakinkan pengunjung mengenai keamanan pangan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya kenyamanan, keamanan pun menjadi hal penting yang perlu diperhatikan wisatawan ketika berpelesir dan menginap di suatu tempat. Kesehatan tak urung menjadi bagian dari keamanan individu yang perlu mendapat perhatian.

Itu sebabnya kini umumnya akomodasi, utamanya hotel menerapkan prinsip CHSE yang merupakan singkatan dari Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability. Penerapan prinsip CHSE didukung oleh adanya sertifikasi dari lembaga tertentu seperti Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP) yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), seperti dikutip dari laman kemenparekraf.go.id.

Selain CHSE, banyak hotel juga berupaya meraih sertifikasi Hazard Analysis & Critical Control Point (HACCP). HACCP merupakan sistem untuk mengidentifikasi, evaluasi, serta mengendalikan bahaya dalam hal keamanan pangan. Oleh karena itu, baik sertifikasi CHSE maupun HACCP punya peran cukup penting dalam industri hospitality.

HACCP memiliki peran penting dalam semua tahap produksi makanan, mulai dari persiapan bahan baku hingga penyajian pada para tamu di hotel. Standarisasi HACCP telah banyak diadopsi oleh perusahaan-perusahaan besar dunia, khususnya hotel bintang lima internasional, sebagai jaminan keamanan pangan bagi konsumen.

Peran sertifikasi ini tidak hanya penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, tetapi juga untuk menambah nilai dan kualitas pada produk itu sendiri. Diakui Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA), kunjungan tamu meningkat pada hotel dengan sertifikasi CHSE.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sertifikasi CHSE dan HACCP Mambruk Hotel

Salah satu hotel di Indonesia yang telah mengantongi kedua sertifikasi tersebut yakni Mambruk Hotel & Convention Anyer. Bahkan, tahun ini, hotel tersebut telah mendapatkan sertfikasi HACCP kedua dan CHSE ketiga.

"Mambruk Hotel & Convention Anyer telah mendapatkan sertifikat HACCP & CHSE sebelumnya. Terhitung tahun ini, merupakan kali kedua kami mendapatkan sertifikasi HACCP," ujar General Manager Mambruk Hotel & Convention Anyer Budi Ramli melalui keterangan tertulisnya.

Akomodasi bintang empat di Anyer itu mengantongi sertifikasi HACCP setelah lulus dari audit keamanan produk pangan dari lembaga TUV Nord.

 

3 dari 3 halaman

Diperbarui Berkala

Sebagai informasi, sertifikasi CHSE maupun HACCP perlu diberbarui secara berkala setiap tahunnya melalui proses audit.

Mendapatkan dua kredensial sekaligus menjadi prestasi tersendiri bagi hotel berbintang empat ini. Hal itu juga menjadi bukti konsistensi untuk terus memberi pelayanan dengan standarisasi tertentu dari tahun ke tahun.

Berlokasi di tepi pantai Anyer, Banten, resor ini berdiri di hekaran area hijau nan asri yang dilengkapi dengan private beach, infinity pool terbesar di Anger, serta berbagai fasilitas yang baru saja diremajakan, termasuk diantaranya infinity restaurant, pusat kebugaran, ruang dan gedung pertemuan, serta Lighthouse Bar hingga water sport yang lengkap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.