Sukses

6 Hoaks Terkini, dari Seputar Undian Berhadiah sampai Kesehatan

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks yang beredar di media sosial, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang viral.

Liputan6.com, Jakarta- Media sosial menjadi tempat penyebaran beragam informasi, namun kita tidak bisa langsung mempercayai kabar yang didapat sebab terkadang merupakan hoaks.

Cek Fakta Liputan6.com pun telah mengungkap beragam hoaks yang beredar di media sosial, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang viral.

Berikut kumpulan hoaks terkini.

1. Foto Rumah Ketua KPU Ambruk

Penelusuran klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari  ambruk.

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari ambruk, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 26 Maret 2024.

Klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari ambruk menampilkan sebuah bangunan yang terlihat miring dan di depannya terdapat mobil berwana hitam.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan "Rumah ketua KPU Hasyim Ashari AMBRUK!!!"

"Memikul dosa yg amat besar"

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Rumah' Hasyim Asy'ari KPU tenggelam Ambruk Adzab Allah' Satu persatu besok rumah Jokowi Luhut Sembilan naga Ali baba Yg terlibat Curang semua Nya Tenggelam Aamiin ūü§≤ūü§≤"

Benarkah klaim foto rumah Ketua KPU Hasyim Asy'ari ambruk? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 

2. Gebyar Undian Pesta Poin Bank Mandiri

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim pendaftaran gebyar undian pesta poin Bank Mandiri, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 17 April 2024.

Klaim pendaftaran gebyar undian pesta poin Bank Mandiri berupa tulisan sebagai berikut.

"GEBYAR UNDIAN PESTA POIN BANK MANDIRI periode April-Juni 2024

Bagi semua Nasabah Bank Mandiri Khususnya yang sudah menggunakan Mobile Bangking & Internet Bangking Kartu Debit/Kredit VISA sekarang bisa Daftar undian Gebyar undian pesta poin Bank Mandiri untuk mendapakan hadiah yang telah di sediahkan seperti:

#1 unit mobil toyota Alphard

#1 unit mobil CR-V Turbo

#1 unit mobil HR-V CVT

#1 unit mobil X-Pander

#1 unit mobil Fortuner

#10 unit motor scopy

#8 unit motor N-MAX

#20 unit Smarphone promax 14

#100 emas batangan & logam mulia

#10 paket wisata liburan singapure

#10 paket umroh gratis

Dan masih banyak keuntungan lainnya,, info lebih lanjut tentang pendaftaran GEBYAR UNDIAN BANK MANDIRI dapat di akses/ klik Daftar di kolom icon yang telah kami sediakan"

Benarkah klaim pendaftaran gebyar undian pesta poin Bank Mandiri? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini....

 

3. Foto Presiden Jokowi Memegang Kartu Kabur Saat Demo

<p>Cek fakta foto Presiden Jokowi memegang kartu kabur saat demo</p>

 

Beredar kembali di media sosial postingan foto Presiden Jokowi memegang kartu kabur saat demo. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 24 April 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Presiden Jokowi memegang kartu dengan tulisan "Kartu Kabur Saat Demo'.

Lalu benarkah postingan foto Presiden Jokowi memegang kartu kabur saat demo? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks Selanjutnya

4. Video Pendaftaran Pembagian THR dari Raffi Ahmad

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video pendaftaran pembagian THR dari Raffi Ahmad, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 9 April 2024.

Klaim video pendaftaran pembagian THR dari Raffi Ahmad menampilkan Raffu Ahmad sedang berbicara, berikut transkripnya.

"Saya Raffi Ahmad, saya ingin sharing sedikit, saya ingin cerita sedikit berbagi pengalaman saya Dan juga berbagi motivasi buat kalian semuanya, buat saya menyerah itu tidak ada kata menyerah, karena itu saya telah membikin situs bermain game yang bernama RAPI66 untuk mengejar mimpi kita.

Dulu saya kemana-mana itu susah tidak mempunyai uang saya membuka situs pertama kali itu benar-benar hanya untuk berbagi, saya tidak mengambil keuntungan sedikitpun ini untuk semua yang telah kalah ratusan juta, saya bisa membantu keuangan kalian walaupun hanya sedikit, mungkin cuman ini yang bisa saya lakukan.

Saya harap kalian terbantu di situs RAPI66 situs milik saya yang saya yakin kalian pasti menang dan membuat masa depan kalian, saya juga sudah berusaha agar bisa meresmikan situs RAPI66 dan saya harap dukungan dari masyarakat Indonesia, agar situs saya bisa membantu rakyat Indonesia dan saya memiliki ambisi agar situs saya bisa berkembang jauh, dan bisa lebih bermanfaat dan juga biarlah kita naik itu step by step."

Dalam video terdapat tulisan sebagai berikut.

"RAFFI AHMAD BERBAGI DUIT MELALUI SITUS RAPI66"

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Aa bagi2 THR nihh.. Langsung daftar ya"

Benarkah klaim video pendaftaran pembagian THR dari Raffi Ahmad? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

 

5. Obat Sakit Kepala Bisa Sebabkan Anemia Aplastik

Beredar di media sosial postingan obat sakit kepala bisa menyebabkan anemia aplastik. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 19 April 2024.

Dalam postingannya terdapat gambar beberapa obat sakit kepala seperti Paramex dan Bodrex. Postingan itu disertai narasi:

"Cuma mau mengingatkan . Hati-hati obat-obatan juga beresiko anemia aplastik, penyakit langka yg merenggut nyawa alm babe cabitaMungkin emang udh takdir Nya. Tapi kita juga harus lebih berhati*"

Lalu benarkah postingan obat sakit kepala bisa menyebabkan anemia aplastik? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

 

6. Foto Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei Jadi Sampul Majalah Forbes April 2024

 

<p>Cek Fakta sampul majalah Forbes</p>

 

 

Beredar di media sosial postingan Pemimpin Agung Iran, Ayatollah Ali Khamenei menjadi sampul majalah Forbes pada April 2024. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya 18 April 2024.

Dalam postingannya terdapat foto Ayatollah Ali Khamenei dengan tulisan Forbes besar seperti sampul majalah. Akun itu menambahkan narasi:

"Ayatollah Ali Khamenei ditampilkan di sampul majalah Forbes dengan judul "Orang Paling Berkuasa di Dunia".

Tidak ada negara di dunia yang melakukan serangan besar-besaran melalui rudal balistik seperti yang dilakukan Iran. Peristiwa ini lebih besar dari “Israel.

Iran mencapai tujuan militernya, dibutuhkan upaya gabungan dari AS, Inggris, Perancis & Israel untuk menghentikan satu serangan. Iran menunjukkan bahwa mereka bisa dan akan melawan jika dipaksa."

Lalu benarkah postingan Pemimpin Agung Iran, Ayatollah Ali Khamenei menjadi sampul majalah Forbes pada April 2024? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun , tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini