Sukses

10 Juta Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Indonesia dalam Bentuk Bahan Baku

Kemenkes mengatakan bahwa sudah ada total 28 juta vaksin COVID-19 di Indonesia, dalam bentuk jadi maupun calon vaksin

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 10 juta dosis vaksin COVID-19 Sinovac dalam bentuk bahan baku tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta hari ini.

Selain itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi juga mengungkapkan terdapat 1 juta overfill bahan baku vaksin COVID-19 Sinovac yang tiba.

"Hingga saat ini total vaksin yang sudah ada di Tanah Air kita ada 28 juta jumlah vaksin dan calon vaksin yang akan kita berikan kepada masyarakat," kata Oscar dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden pada Selasa (2/2/2021).

Oscar mengatakan, ketersediaan vaksin yang aman dan sesuai skema pemerintah telah dilakukan berkat koordinasi yang baik dengan semua pihak, termasuk dengan Sinovac.

Ia menegaskan bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan telah memberikan izin pakai darurat bagi vaksin COVID-19 Sinovac. Sementara Majelis Ulama Indonesia telah menyatakan vaksin tersebut suci dan halal.

"Sampai hari ini sudah 500 ribu tenaga kesehatan sudah kita lakukan penyuntikkan," kata Oscar. Usai nakes, pemberian vaksin juga akan dilanjutkan kepada pekerja layanan publik, serta masyarakat umum.

Pada kesempatan tersebut, Oscar mengingatkan semua pihak untuk tetap melakukan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

 

*Judul maupun isi artikel ini telah direvisi pada Selasa, 2 Februari 2021, pukul 11.47 WIB. 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Vaksin Sinovac Boleh Digunakan dan Halal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.