Sukses

Real Madrid Girang, Kylian Mbappe Akhirnya Umumkan Pisah dengan PSG

Bintang Timnas Prancis resmi mengumumkan bakal pisah dengan Paris Saint-Germain pada akhir musim. Dia setelah ini digadang-gadang bakal gabung dengan Real Madrid, yang sudah lama mengidamkan jasanya.

Liputan6.com, Jakarta - Masa depan Kylian Mbappe akhirnya tak jadi spekulasi semata. Bintang Timnas Prancis itu resmi mengumumkan bakal pisah dengan Paris Saint-Germain pada akhir musim.

Seperti diketahui, montrak Mbappe bersama Les Parisiens memang berakhir di pengujung kampanye 2023/2024. Dia sudah santer dikabarkan tak bakal memperpanjang masa tinggal dengan PSG, meski belum ada pernyataan resmi terkait hal ini. 

Barulah setelah Paris Saint-Germain tersingkir dari Liga Champions, Kylian Mbappe mengumumkan keputusan soal masa depannya. Dia mantap memilih hengkang dari PSG, dengan hal ini disampaikan melalui video yang diunggah ke Instagram pribadinya pada Sabtu (11/5/2024) dini hari WIB. 

"Saya selalu bilang bahwa saya akan berbicara pada kalian ketika waktunya tiba. Oleh sebab itu, sekarang saya ingin mengumumkan bahwa ini adalah tahun terakhir saya bersama PSG," ucap Mbappe di awal video.

"Saya tidak akan memperpanjang (kontrak dengan PSG) dan petualangan saya di sini bakal berakhir dalam beberapa pekan ke depan. Saya akan memainkan pertandingan terakhir di Parc des Princes pada Minggu (Senin, 13 Mei dini hari WIB)." 

Adapun PSG memang dijadwalkan melakoni laga kandang melawan Toulouse di lanjutan Ligue 1 pada awal pekan depan. Setelahnya, Les Parisiens tinggal memiliki tabungan 3 pertandingan tandang lagi, termasuk saat menantang Lyon di final French Cup pada 26 Mei mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Statistik Mbappe di PSG

Mengilas balik kiprah Kylian Mbappe di Paris Saint-Germain, bintang Les Bleus tampil mengesankan sejak pertama kali diangkut dari AS Monaco pada 2017 silam. 

Situs Transfermarkt mencatat Mbappe sudah membukukan total 255 gol dari 306 pertandingan yang dia mainkan bersama PSG di lintas ajang. 

Torehan gemilangnya itu menjadi salah satu alasan Les Parisiens begitu dominan di Ligue 1. Meski tidak berhasil melangkah hingga partai puncak Champions League musim ini, Mbappe memandang PSG sebagai tempat bagi dirinya berkembang. 

"Ada banyak emosi (yang saya rasakan) selama bertahun-tahun ketika saya mendapat kesempatan dan kehormatan besar menjadi anggota klub Prancis terbesar, salah satu yang terbaik di dunia," tutur Mbappe dalam pernyataannya. 

"Hal itu membuat saya tiba di sini, di situasi di mana saya mendapat pengalaman pertama di klub dengan banyak tekanan, dan tumbuh sebagai pemain sembari berada di samping beberapa pesepak bola terbaik lainnya dalam sejarah." 

"Ini sulit dan saya tidak pernah mengira akan sesulit ini untuk mengumumkan (kepitusan saya). Namun, saya rasa saya perlu tantangan baru setelah tujuh tahun (di Parc des Princes)," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Real Madrid Girang

Pengumuman Kylian Mbappe tersebut tak ayal membuat Real Madrid girang. Pasalnya, mimpi mereka untuk mendapatkan pemain incaran sejak lama akhirnya bakal terwujud dalam waktu dekat. 

Laporan BBC mengungkap Mbappe nantinya bakal diikat kontrak berdurasi lima tahun oleh klub barunya di Santiago Bernabeu.

Pemain berusia 25 tahun juga akan meraup gaji 12,8 jura poundsterling per musim ditambah bonus penandatanganan 128 juta poundsterling yang harus dibayarkan selama lima tahun masa kerjanya.

Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti pun sudah yakin Mbappe bakal berguna bagi timnya dan bisa berbagi peran dengan bintang-bintang lain di Los Blancos. 

Apabila gelandang Kroasia Luka Modric pergi pada musim panas ini, Kylian Mbappe berpeluang mewarisi nomor punggung 10 yang ia kenakan untuk Timnas Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.