Sukses

Puluhan Ribu Dosis Vaksin COVID-19 Sinovac Tiba di Jawa Tengah dan Kota Palembang

Vaksin COVID-19 Sinovac yang mulai didistribusikan pada Minggu, 3 Januari 2020, tiba di Provinsi Jawa Tengah dan Palembang pada Senin, 4 Januari 2021

Liputan6.com, Jakarta - Vaksin COVID-19 buatan Sinovac telah didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia sejak Minggu, 3 Januari 2021. Hari ini, Senin, 4 Januari 2021, vaksin-vaksin tersebut telah tiba di sejumlah daerah, seperti provinsi Jawa Tengah dan Palembang.

Sebanyak 62.560 dosis vaksin COVID-19 untuk Provinsi Jawa Tengah telah tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan di Kota Semarang pada Senin dini hari atau sekitar pukul 03.00 WIB.

Vaksin COVID-19 Sinovac untuk Provinsi Jawa Tengah diangkut menggunakan truk dari gudang PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat dengan pengawalan ketat polisi bersenjata.

Setibanya di gudang farmasi Dinkes Jawa Tengah, vaksin Corona dari China disimpan dalam ruang pendingin. Kepala Kepolisian Sektor Ngaliyan Kompol R. Justinus mengatakan bahwa distribusi vaksin COVID-19 akan diatur oleh Dinas Kesehatan setempat.

"Adapun pendistribusian vaksin akan diatur dan ditata oleh jajaran Dinas Kesehatan," ujar Justinus, mengutip Antara.

 

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksin Sinovac Tiba di Palembang

Sementara, 30 ribu dosis vaksin COVID-19 Sinovac sampai di gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan Sumatera Selatan di Kota Palembang pada Senin pagi, pukul 06.38 WIB.

Vaksin-vaksin tersebut juga dikawal oleh aparat kemananan dan mobil barakuda. Selanjutnya vaksin akan didistribusikan ke tujuh kabupaten dan kota pelaksana vaksinasi tahap pertama.

Menurut Kepala Seksi Suveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Yusri, 30 ribu dosis vaksin itu merupakan bagian dari 58 ribu dosis untuk Provinsi Sumatera Selatan. Ia mengatakan, pengiriman jatah vaksin dilakukan dalam dua tahap karena kapasitas gudang penyimpanan yang tersedia terbatas.

"Vaksin ini kami targetkan tiga hari sudah habis diambil kabupaten/kota, lalu order lagi sisanya 28.000 dosis, tapi mungkin di Februari baru datang," kata Yusri, mengutip Antara.

Yusri menjelaskan, vaksin yang datang pada Senin (4/1/2021) akan langsung disalurkan ke Kota Palembang Prabumulih serta Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba), Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dan Banyuasin.

Vaksin yang diprioritaskan bagi tenaga kesehatan tersebut akan disimpan di gudang-gudang pemerintah daerah sampai ada arahan dari pemerintah pusat mengenai waktu pelaksanaan vaksinasi.

Yusri mengatakan, jika melihat agenda, jadwal penyuntikan perdana pada 14 Januari 2021. Untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19, pemerintah provinsi akan menyiapkan 2.250 petugas.

"Nanti vaksinator dilatih dulu per 500 vaksinator dari 11 Januari 2021," ujarnya. 

Sebelumnya, Bio Farma menjelaskan bahwa distribusi vaksin COVID-19 dimulai pada Minggu, 3 Januari 2021 dengan melibatkan seluruh pihak dan bukan hanya Bio Farma sebagai distributor. Pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan puskesmas juga akan dilibatkan untuk menjaga agar perjalanan vaksin berjalan dengan baik.

"Semua rantai dingin di 2 sampai 8 derajat, insyaallah kita sudah siap, sehingga vaksin yang akan digunakan di masyarakat benar-benar terjamin mutu dan kualitasnya," ujar Jur Bicara Vaksinasi dari Bio Farma Bambang Herianto dalam konferensi pers, Minggu (3/1/2021). 

 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.