Sukses

Dokter Dante Saksono Harbuwono Dipilih Jokowi Jadi Wakil Menteri Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Dalam reshuflle kabinet, Presiden Jokowi juga menunjuk dokter spesialis penyakit dalam Dante Saksono Harbuwono menjadi Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes). Dante bakal mendampingi Menteri Kesehatan terpilih Budi Gunadi Sadikin memimpin Kementerian Kesehatan.

Penetapan Dante sebagai Wamenkes pada Rabu, 23 Desember pagi.

Lalu, siapakah Dante Saksono Harbuwono?

Dante Saksono Harbuwono yang dipilih menjadi wamenkes merupakan dokter yang menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Lalu, dia melanjukan pendidikan spesialis penyakit dalam di universitas yang sama dan lulus pada 2004.

Ia kemudian kembali menenmpuh pendidikan S3 di University of Yamanashi Jepang di bidang molekular diabetes yang lulus pada 2008.

2 dari 3 halaman

Wamenkes Muda, 47 Tahun

Salah satu staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini berpraktik di RS MMC Jakarta serta RS Mitra Kelapa Gading Jakarta Utara. Ia juga menjabat Dewan Komisaris PT Pertamina Bina Medika IHC.

Pria 47 tahun ini juga aktif bergabung dalam beberapa organisasi. Diantaranya menjadi Pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB Perkeni) serta dipercaya menjadi Wakil Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

Sebagai seorang dokter, Dante menjadi andalan mantan wakil Presiden Jusuf Kalla. Seperti pada Juni 2014. Ia mengunjungi rumah Kalla di Jalan Dharmawangsa Kebayaoran Baru untuk mengecek kondisi Kalla yang saat itu asam lambungnya naik.

Di luar dunia medis, Dante menggemari fotografi serta  seorang audiofil. Audiofil adalah orang yang sangat menggemari reproduksi suara yang sangat teliti seperti mengutip laman internal FKUI.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut