Sukses

Profil Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Kesehatan yang Dampingi Menkes Budi Gunadi Sadikin

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk beberapa sosok sebagai wakil menteri, menyusul reshuffle kabinet yang diumumkan kemarin. Salah satunya, Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan. 

Wakil menteri kesehatan yang akan mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ini diketahui adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Ia medalami bidang endokrinologi dan merupakan ahli molekular diabetes pertama di Indonesia.

Pria kelahiran Temanggung, 23 Maret 1973 ini mendapat gelar Ph.D bidang Molekular Diabetes dari University of Yamanashi, lulus pada 2008.

Dante tercatat sebagai anggota beberapa organisasi kedokteran seperti Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dan Kolegium Persatuan Endokrinologi Indonesia (PERKENI).

Ia bahkan turut menjadi pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB PERKENI) dan dipercaya sebagai Wakil Ketua, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), serta Ketua Perhimpunan Endokrinologi Indonesia – Jakarta Rata (PERKENI JAYA).

 

2 dari 2 halaman

Karier Cemerlang di Bidang Kedokteran

Ayah dua anak ini memiliki karier panjang nan cemerlang di bidang kedokteran. Selai mengisi beberapa jabatan penting, ia juga kerap mendapat penghargaan atas prestasinya.

Sejumlah jabatan penting yang diduduki Dante antara lain Ketua Divisi Metabolik Endokrin FKUI, Kepala Pusat Diabetes di Paviliun Kencana FKUI, Dokter spesialis di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Dokter spesialis di RS MMC Kuningan dan Dokter spesialis di RS Royal Progress Sunter. Ia juga menjabat sebagai Komisaris Pertamina Bina Medika (Holding Rumah Sakit BUMN).

Sementara, penghargaan yang pernah diraih Dante antara lain Tajima Awards dari Epidemiologi Diabetes Japan (2013) dan Takeda Science Foundation Awards dari Takeda Japan (2013).