Sukses

Studi: Wanita Cenderung Lebih Menderita Saat Terkena Corona COVID-19

Liputan6.com, New Delhi - Sebuah studi menyebut bahwa wanita cenderung lebih menderita saat terkena COVID-19. Bahkan, kondisi tak mengenakkan ini mereka alami sekali pun sudah dinyatakan sembuh.

Sama seperti penyakit lainnya, Virus Corona pun akan memengaruhi tiap individu secara berbeda. Tergantung dari jenis kelamin, serta kondisi kesehatan orang tersebut.

Sayangnya, kaum Hawa dianggap lebih rentan mengalami kesakitan dibanding pria saat berurusan dengan penyakit yang disebabkan paparan virus SARS-CoV-2 ini.

Pernyataan ini muncul setelah para ilmuwan dari Irlandia meneliti dampak kesehatan jangka panjang 128 orang pasien COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit St. James di Dublin, Irlandia.

Hasilnya, 67 persen dari 128 pasien---yang kebanyakan adalah wanita--- mengeluh kelelahan, bahkan setelah 10 minggu sembuh dari COVID-19. Ini terlepas dari tingkat keparahan komplikasinya, seperti dikutip dari situs Times of India pada Sabtu, 26 September 2020.

 

 

2 dari 5 halaman

Kondisi Serupa Terjadi Saat SARS Menyerang

Kondisi serupa juga terjadi waktu dunia dilanda sindrom pernapasan akut yang parah atau Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) beberapa tahun silam.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di BMC Neurology Journal pada 2011, wanita disebut yang paling sering mengeluh kelelahan, bahkan ada yang melaporkan sampai harus berhenti bekerja karena kondisi tersebut.

3 dari 5 halaman

Tips merawat diri sendiri pasca pemulihan

Menjaga kesehatan diri sendiri merupakan hal yang sangat penting walaupun Anda sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Perawatan setelah berjuang menghadapi Virus Corona akan membantu Anda mengatasi dampak jangka panjang dari penyakit tersebut.

Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan:

· Istirahat yang cukup sebelum kembali ke rutinitas harian Anda.

· Perhatikan kesehatan Anda. Jika Anda mengalami masalah kesehatan yang parah seperti sesak napas, segera konsultasikan dengan dokter.

· Hanya karena Anda pernah terkena Virus Corona, itu tidak berarti Anda rentan terhadapnya. Tindakan pencegahan diperlukan.

· Untuk pulih dengan cepat, Anda perlu istirahat yang cukup dan makan makanan sehat. Sertakan makanan yang kaya nutrisi dalam pola makan Anda.

 

Reporter : Deskhila Wijaya

4 dari 5 halaman

Infografis COVID-19 di Indonesia

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut Ini