Sukses

Per 1 Agustus, 20 Provinsi Catat Persentase Sembuh dari COVID-19 di Atas Rata-Rata Nasional

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengungkapkan bahwa hingga awal bulan Agustus, ada 20 provinsi dengan persentase kesembuhan dari COVID-19 di atas angka nasional.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara sekaligus Ketua Tim Pakar Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan dari Graha BNPB, Jakarta pada Selasa (4/8/2020).

"Provinsi yang dari waktu ke waktu masih menduduki peringkat atas dalam rangka angka kesembuhan salah satunya adalah Kalimantan Barat dan Sulawesi Tengah. Ini tentunya perlu dipertahankan," kata Wiku.

Dalam presentasinya, Wiku menjabarkan bahwa Kalimantan Barat memiliki persentase kesembuhan per 1 Agustus 2020 mencapai 91,73 persen.

 

2 dari 3 halaman

20 Provinsi dengan Kesembuhan di Atas Angka Nasional

Adapun 20 provinsi dengan angka kesembuhan lebih tinggi dari rata-rata nasional secara berturut-turut adalah: Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Barat, Lampung, Kalimantan Utara, Banten, Riau, Sulawesi Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Maluku, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKI Jakarta, Kalimantan timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu, ada 14 provinsi dengan rata-rata kesembuhan dari COVID-19 di bawah rata-rata nasional, di antaranya adalah Maluku Utara, Aceh, Sumatera Utara, papua, dan beberapa provinsi lainnya.

"Mohon agar tingkat kesembuhannya bisa ditingkatkan dengan cara pelayanan kesehatan yang ditingkatkan dan pengawasan terhadap pasien dengan baik, sehingga angka kesembuhannya bisa meningkat," kata Wiku.

Hingga kemarin, Senin (4/8/2020), Indonesia mencatat terdapat 70.237 kasus COVID-19 yang dinyatakan sembuh. Sementara itu, kasus positif total mencapai 113.134 dengan kasus meninggal dunia terkonfirmasi COVID-19 mencapai 5.302.

3 dari 3 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini