Sukses

Belanja di Pasar Harus Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Di era Adapatasi Kebiasaan Baru (AKB) disiplin menjalankan protokol kesehatan itu wajib. Termasuk saat Anda pergi berbelanja di pasar, pastikan memakai masker dengan benar gunah mencegah penularan COVID-19.

"Agar fungsi pasar tetap berjalan maka dari itu kita sebagai pembeli, pedagang maupun pemerintah mengupayakan adanya protokol kesehatan," kata anggota Junior Doctor Network (JDN), dokter Sarah Shyma dalam diskusi di Graha BNPB seperti dikutip Antara.

Tips dari Sarah yang pertama dan paling penting adalah memastikan diri dalam keadaan sehat. Jika sedang mengalami sakit seperti batuk dan flu Sarah menyarankan untuk menunda terlebih dahulu bepergian keluar rumah

Penggunaan masker yang baik juga merupakan suatu kewajiban ketika berbelanja di pasar. Jangan lupa membawa hand sanitizer bila sulit mencari tempat mencuci tangan di pasar.

 

2 dari 3 halaman

Buat Daftar Belanjaan

Sebelum pergi ke pasar buatlah daftar belanjaan yang akan dibeli. Hal itu dilakukan untuk mempersingkat waktu berada di pasar dan mengurangi risiko infeksi ketika berada di tempat umum.

Sarah juga menyarankan untuk membawa tas belanja sendiri yang dapat dibersihkan untuk membawa hasil belanjaan demi memberikan jaminan kebersihan.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri yang mendorong penggunaan kantong belanja yang dapat dicuci untuk berbelanja di pasar. Selain memberikan rasa aman, penggunaan kantong belanja juga mendukung gerakan untuk mengurangi kantong plastik sekali pakai.

Mansuri sendiri memastikan bahwa IKAPPI terus mendorong agar protokol kesehatan digalakkan di pasar tradisional untuk menghindari penularan COVID-19.

IKAPPI mendorong penjual maupun pembeli memakai masker, penambahan fasilitas mencuci tangan, pemeriksaan suhu di pintu masuk pasar dan penggunaan sekat plastik agar penjual dan pembeli masih dapat berkomunikasi namun dengan cara yang lebih aman.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut