Sukses

Data COVID-19 di Pulau Jawa: 67 Persen Positif, 79 Persen Meninggal, 59 Persen Sembuh

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menyampaikan perkembangan data lapangan terkait COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyampaikan beberapa perkembangan data lapangan terkait COVID-19. Salah satunya terkait kontribusi provinsi di Pulau Jawa terhadap kasus nasional.

“Untuk kasus konfirmasi positif jumlahnya 67 persen, kasus meninggal 79 persen, adapun yang sembuh 59 persen. Ini seluruh data Pulau Jawa dibandingkan dengan data nasional,” ujar Doni dalam konferensi pers, Senin (18/5/2020).

Doni juga menyebutkan beberapa daerah yang mengalami peningkatan kesembuhan. Di antaranya Aceh 83.3 persen, Bangka Belitung 79.3 persen, Bali 71.8 persen, Kepulauan Riau 69.0 persen, dan Gorontalo 62.5 persen.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penunjukkan Kepala Litbangkes Jadi Koordinator Laboratorium

“Gugus tugas juga melaporkan kepada presiden tentang perkembangan data-data pemeriksaan spesimen yang berasal dari sejumlah laboratorium.”

Menurutnya, ada beberapa laboratorium yang dimiliki kementerian dan lembaga yang perlu ada peningkatan kualitas dan kuantitas dalam pemeriksaan spesimen.

Untuk itu, presiden menunjuk Kepala Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan sebagai koordinator untuk mengumpulkan  hasil laporan dari seluruh laboratorium.

Kurangnya sumber daya manusia yang dapat bekerja dilaboratorium membuat Gugus Tugas harus meminta bantuan berbagai pihak.

“Kami telah berusaha meminta bantuan Ikatan Dokter Indonesia, melibatkan seluruh puskesmas, serta bekerja sama dengan asosiasi bidan terutama yang memiliki kemampuan untuk menangani laboratorium.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.