Sukses

Bermodal Kursi, Ini 3 Gerakan yang Bikin Bugar Selama di Rumah Aja

Liputan6.com, Jakarta Sudah lebih dari satu bulan kita menjalani aktivitas di rumah aja guna meminimalisasi penularan COVID-19. Meski di rumah, pastikan tak cuma bekerja lalu lanjut rebahan, perlu juga berolahraga.

Berolahraga di rumah tak perlu modal alat kebugaran mahal-mahal. Dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto mengatakan untuk berolahraga bisa menggunakan alat-alat yang ada di rumah. Seperti tali skipping dan kursi.

"Di saat pandemi COVID-19 seperti saat ini kita penting untuk menggunakan waktu luang di rumah menjaga kesehatan kita dengan menggunakan berbagai peralatan," kata Michael dalam video pendek yang diterima Health-Liputan6.com.

1. Tali skipping

Michael mencontohkan skipping sebagai olahraga jenis aerobik yang tujuannya untuk meningkatkan kesehatan. Berolahraga dengan tali skipping melatih jantung dan paru.

 

2 dari 2 halaman

Kursi untuk Latihan Anaerobik

2. Kursi

Anda bisa meningkatkan kebugaran lewat latihan anearobik bermodalkan kursi. Diantaranya dengan latihan:

a. Dips

Dokter yang berpraktik di Slim + Health, Sports Therapy ini mengungkapkan gerakan dips bertujuan melatih otot-otot lengan. Caranya dengan berdiri di depan kursi lalu letakkan kedua tangan ke belakang bertumpu pada dudukan kursi. Lalu, turun dan naikkan badan.

 

b. Crunch

Melatih otot-otot perut. Caranya dengan duduk tegak di kursi lalu luruskan kaki tanpa menyentuh lantai lalu takuk ke arah perut.

c. Push-up

Latih otot dada dengan gerakan push-up. Caranya letakan kursi di depan Anda, lalu kedua tangan berada di lengan kursi. Lakukan gerakan seperti push-up biasa.