Sukses

Mau Kulit Sehat? Tentunya, Anda Harus Mengonsumsi 6 Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Meskipun menjalani serangkaian perawatan kulit yang mahal, bila Anda tak menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat, tidak akan menghasilkan kulit yang Anda inginkan. Pastinya kulit yang bersih, berseri-seri, dan sehat menjadi keinginan semua orang.

Oleh karena itu, selain melakukan perawatan dari luar, Anda harus melakukan upaya perawatan dari dalam tubuh, seperti mengonsumsi makanan sehat. Berikut ini adalah makanan sehat yang dapat Anda konsumsi untuk menghindari permasalahan kulit:

1. Paprika Merah

Ahli gizi, Joan Salge, mengatakan bahwa paprika merah merupakan pembangkit tenaga vitamin C. Vitamin C ini diperlukan untuk membentuk kolagen yang dapat menyediakan struktur kulit Anda. "Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas, yang tidak hanyak merusak kolagen, tetapi juga elastisitas kulit Anda," kata Salge. Hal tersebut sesuai dengan lansiran dari Woman's Day.

2. Buah Jeruk

"Jeruk merupakan makanan yang peling jelas untuk mendapatkan banyak vitamin C," kata Pendiri MNC Nutrition, Majorie Cohn RDN. Para peneliti mendukung peran vitamin C dalam kesehatan dan penampilan kulit. Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa sebagian orang yang mengonsumsi vitamin C dengan jumlah yang lebih tinggi memiliki lebih sedikit kerutan.

2 dari 4 halaman

3. Ubi Jalar

Tak dapat dimungkiri, ubi jalar memiliki tingkat antioksidan beta-karoten dan magnesium yang tinggi sehingga dapat berperan sebagai agen ant-inflamasi. Bukan hanya dagingnya, kulit ubi jalar pun penuh dengan serat yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan usus dan menghilangkan permasalahan kulit.

4. Buah Mangga

Buah ini merupakan sumber vitamin A, C, dan B6 yang tentunya baik untuk kesehatan, terutama dapat membantu Anda mengurangi minyak pada kulit. Selain itu, buah mangga juga merupakan produk alami kulit karena mereka dapat membantu Anda menghaluskan dan merevitalisasi kulit. Tambahnya ketika Anda mengonsumsi buah ini adalah dapat membantu menambah nafsu makan.

3 dari 4 halaman

5. Tomat

Menurut dokter kulit dan penulis buku Feed Your Face, Jessica Wu, MD, mengatakan bahwa jika mencari satu makanan yang dapat dianggap sebagai sumber air awet muda, Anda dapat mengonsumsi tomat yang telah masak. Tomat mengandung antioksidan lycopene dengan dosis yang tinggi sehingga dapat membantu Anda dalam melawan efek kerusakan kulit akibat sinar matahari.

6. Ikan

Pastikan Anda juga mendapatkan lemak omega 3 dan omega 6 yang cukup. Asam lemak esensial ini tidak dapat dibuat oleh tubuh, artinya Anda dapat memperoleh dari makanan yang Anda konsumsi. Lemak omega 3 dapat mendorong tubuh Anda untuk memproduksi senyawa anti-inflamasi. Selain ikan, Anda juga dapat menemukan omega 3 pada biji rami, kacang walnut, dan minyak lobak. Hal tersebut seperti yang dilansir dari BBC Good Food.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut: