Sukses

Sederet Makanan yang Buat Kulit Anda Sehat

Meskipun ada banyak faktor yang berperan pada kulit yang sehat, air dan makan makanan yang tepat akan membuat perbedaan besar.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun ada banyak faktor yang berperan pada kulit yang sehat, air dan makan makanan yang tepat akan membuat perbedaan besar. Ada empat nutrisi yang tampaknya berperan menurut penelitian ilmiah: beta karoten, likopen, asam lemak omega-3 dan vitamin C.

Anda dapat menemukan nutrisi ini didalam buah serta sayuran yaitu stroberi, tomat, labu, dan semangka yang kaya akan nutrisi dan air. berikut ini beberapa tips bermanfaat untuk kulit agar tetap sehat.

Air

Air minum adalah salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki kulit kita. Air mempunyai tiga peran penting untuk kulit yaitu, mengeluarkan racun, membantu mengedarkan nutrisi dan oksigen ke semua sel kulit kita, membantu untuk mengencangkan kulit.

Jika anda sulit minum air, ada banyak cara untuk menggantikan air, misal ke dalam makanan, teh hijau, buah-buahan dan sayuran yang kaya air dan nutrisi penting.

Sarapan

Bangun dipagi hari dan mencoba makan-makanan yang kaya vitamin c, anda bisa mencoba membuat telur dadar yang diisi dengan tumis brokoli dan paprika. Tambahkan dengan irisan jambu biji, kiwi, dan stroberi di sampingnya.

Buah-buahan dan sayuran ini mempunyai banyak serat dengan vitamin c yang bermanfaat bagi kulit, antioksidan kuat yang dapat membantu memperbaiki kolagen, membantu dalam penyembuhan luka pada kulit. Penelitian menunjukkan bahwa hal ini dapat mengurangi radikal bebas berbahaya dan peradangan.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan siang

Likopen merupakan antioksidan memiliki warna merah cerah yang ditemukan pada tomat dan buah-buahan serta sayuran yang berwarna merah lainnya.

Penelitian menunjukkan mempunyai manfaat yaitu dapat membantu melindungi terhadap kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari dan menurunkan risiko kanker kulit. Mengonsumsi makanan kaya likopen juga dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan kolagen.

Untuk menu makan siang anda cobalah buat salad feta dengan menggunakan semangka dan tomat bisa anda gabungkan dengan roti gulung atau sup gazpacho kaya likopen.

Makan Malam

Untuk makan malam, cobalah makan dengan salmon karena mengandung omega-3 yang bermanfaat sebagai melembabkan kulit, mencegah dan mengatasi jerawat dan membuat kulit menjadi awet muda.

Pencuci mulutCobalah makanan penutup puding vanilla labu dan ditambah dengan aprikot atau mangga yang dapat membantu mengurangi kulit kendur, keriput, dan bahkan pori-pori yang tersumbat.

Dari beberapa makanan diatas bisa anda coba untuk membuat kulit anda menjadi sehat dan terawat dari dalam.

 

Penulis: Jasmine Belgia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.