Sukses

Catat, 6 Makanan Super yang Mampu Detoksifikasi Tubuh Anda

Mendetoksifikasi tubuh merupakan hal yang dapat Anda lakukan setiap hari dengan mengonsumsi makanan dan minuman seperti di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Untuk membantu detoksifikasi tubuh dalam menghilangkan racun, Anda dapat memasukkan berbagai makanan sehat ke dalam daftar makanan Anda. Sebenarnya, tubuh secara alami akan melakukan pembersihan setiap hari.

Namun, tak ada salahnya bukan untuk melakukan upaya pembersihan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut ini adalah makanan sehat yang dapat digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh Anda:

1. Alpukat

Alpukat merupakan makanan pembersih yang baik untuk tubuh karena mengandung asam lemak esensial yang dapat mencegah penyerapan lemak tidak sehat. Tak hanya itu, buah ini dapat melindungi usus dan hati Anda agar tetap sehat. Hal tersebut sesuai dengan lansiran dari Cheatsheet.

2. Brokoli

Menambahkan brokoli ke dalam daftar makanan dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Sifat antioksidan yang dikandungnya dapat membantu Anda melindungi tubuh dari serangan lingkungan tertentu dan dapat membuang racun di dalam tubuh.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Teh Hijau

Bukan menjadi rahasia lagi, teh hijau memang memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan, seperti kemampuannya untuk mendetoksifikasi tubuh. Selain itu, kandungan kafein, teh hijau dapat bertindak sebagai diuretik sehingga membantu Anda menyingkirkan racun di dalam tubuh.

4. Bawang Putih

Sifat antibakteri yang dikandung bawang putih dapat membantu tubuh Anda dalam melawan penyakit. Selain itu, kandungan glutathione dalam bawang putih dapat membantu Anda melakukan pembersihan racun di dalam tubuh.

3 dari 3 halaman

5. Lemon

Lemon merupakan buah segar yang dapat membantu Anda mendetoksifikasi tubuh. Vitamin C dalam lemon dapat membantu Anda melawan radikal bebas yang berdampak negatif pada tubuh.

Lemon juga memiliki efek alkali yang dapat membantu Anda mengembalikan keseimbangan pH tubuh sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat mengonsumsi perasan lemon dengan air panas untuk memulai detoksifikasi tubuh Anda. Hal ini seperti yang dilansir dari Realbuzz.

6. Selada Air

Selada air dianggap salah satu makanan sehat yang dapat mendetoksifikasi tubuh. Kandungan antioksidan dan beberapa nutrisi lainnya, seperti vitamin B, seng, dan kalium dapat membantu Anda mengeluarkan racun. Sebuah uji klinis juga menunjukkan bahwa ekstrak selada air dapat membantu Anda menghilangkan bahan kimia penyebab kanker dari tubuh seseorang yang merokok.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.