Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Cek, 5 Hal yang Bantu Jaga Kebersihan Organ Intim Saat Bercinta

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan merupakan hal yang penting dalam hidup untuk menghindari berbagai bakteri dan virus yang dapat menyerang tubuh. Sebaliknya, jika tak menjaga kebersihan maka akan memicu timbulnya penyakit.

Begitu juga saat melakukan hubungan seksual bersama pasangan. Anda dan pasangan harus benar-benar memastikan kebersihan masing-masing, seperti organ intim, tangan, bahkan mainan seks. Berikut ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk menjamin kebersihan saat berhubungan seks:

1. Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Seks

Terapis seks, Vanessa Marin, mengatakan bahwa ketika adanya kontak seksual yang kuat dapat mendorong bakteri ke dalam uretra Anda. Jika Anda buang air kecil setelah melakukan hubungan seks maka dapat membuang semua bakteri tersebut sehingga mencegah diri Anda dari infeksi.

Oleh karena itu, setelah berhubungan seks cobalah untuk ke kamar mandi untuk mengeluarkan bakteri agar terhindar dari infeksi yang bisa saja terjadi pada Anda. Hal tersebut seperti yang dilansir dari Bustle.

2 dari 4 halaman

2. Mencegah Tindakan Intim dari Anus ke Vagina

Anda perlu mengetahui bahwa berhubungan seks dari anus ke vagina dapat memindahkan bakteri. Oleh karena itu, Anda dan pasangan harus berhati-hati dengan menjaga kedua area tersebut agar terhindari dari infeksi.

"Jangan pernah melakukan tindakan intim dari anus ke vagina. Jika jari, mulut, mainan seks, dan penis telah berada di rektum Anda, itu harus dicuci terlebih dahulu dengan air dan sabun sebelum memasukkannya ke dalam vagina Anda," kata Marin

Dia juga menambahkan bahwa bakteri yang berada di anus berbeda dengan bakteri yang ada di vagina. Memperkenalkan bakteri dari anus dapat mengganggu keseimbangan bakteri vagina sehingga dapat terjadi infeksi.

3. Mencuci Tangan Sebelum Berhubungan Seks

Jika Anda dan pasangan tidak memutuskan untuk mencuci tangan sebelum berhubungan seks, bisa saja Anda mengalami infeksi ragi. Oleh karena itu, mintalah pasangan Anda untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh Anda.

"Tidak banyak ornag yang tahu bahwa mereka harus mencuci tangan sebelum menyentuh vulva pasangan mereka. Bakteri di tangan dapat masuk ke uretra dan vagina Anda," kata Marin.

3 dari 4 halaman

4. Membersihkan Vagina Setelah Berhubungan Seks

Meskipun vagina dapat membersihkan dirinya secara alami, Anda tetap dapat menyekanya dengan lap higenis sehingga membantu untuk menyingkirkan bakteri yang bisa saja ada. "Menjaga kebersihan vagina adalah penting untuk dilakukan setelah berhubungan seks untuk menghindari infeksi yang dapat terjadi di masa depan," kata pakar kesehatan wanita, dr. Sherry A. Ross.

Dia juga melanjutkan bahwa pelumas seksual, bakteri dari jari, mulut, dan dubur dapat meningkatkan peluang Anda mengembangkan ragi atau infeksi bakteri. Jika Anda mandi setelah berhubungan seks, hal tersebut dapat membantu Anda mengurangi infeksi jamur atau bakteri.

5. Melakukan Tes IMS (Infeksi Menular Seksual)

Hal ini sering dilupakan atau diabaikan oleh pasangan. Namun, mengikuti tes ini menjadi suatu hal yang harus dilakukan, terutama jika Anda memiliki pasangan baru. Bahkan, hubungan yang berada dalam jangka waktu yang panjang pun tetap harus mengikuti tes ini dari waktu ke waktu. Hal tersebut sesuai dengan lansiran dari Bonobology.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek, 5 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Datangkan Penyakit
Artikel Selanjutnya
5 Hal Ini Akan Terjadi Jika Anda Berhenti Berhubungan Seks