Sukses

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar, Lindungi Tubuh dari Penyakit

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan adalah hal wajib yan dilakukan bagi setiap orang. Tubuh yang sehat adalah harta paling berharga dan mahal harganya. Istilah tersebut memang relevan mengingat tubuh yang sehat akan mendukung setiap aktivitas sehari-hari. Maka dari itu menjaga tubuh tetap sehat sangatlah penting.

Salah satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan adalah dengan mencuci tangan. Cara mencuci tangan yang baik dan benar adalah langkah awal untuk kamu bisa menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Budaya mencuci tangan harus diterapkan sejak dini agar terbiasa hingga dewasa.

Tak hanya membasuh tangan dengan air, menurut WHO sebagai Organisasi Kesehatan Dunia ada cara mencuci tangan yang baik dan benar. WHO telah lama menganjurkan agar masyarakat di seluruh dunia untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Tujuannya tentu saja untuk membunuh bakteri dan kuman yang berada di tangan agar tak memberikan dampak buruk bila masuk ke dalam tubuh.

Bahkan WHO menetapkan tanggal 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia pakai sabun yang telah dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Penetapan ini ditujukan sebagai salah satu cara menurunkan angka kematian balita serta mencegah penyebaran penyakit.

Bakteri dan kuman yang mudah menempel pada tangan dikhawatirkan akan menganggu kesehatan tubuh. Hal sederhana yang mampu membuat bakteri dan kuman menempel pada tangan seperti melalui sentuhan tangan lain, memegang gagang pintu, keran, peralatan dapur, peralatan WC dan lain-lain. Maka dari itu, mencuci tangan dianjurkan setiap kali memulai atau setelah melakukan aktivitas.

Jika kamu menganggap cara mencuci tangan yang baik dan benar hanya sekedar membasuh tangan dengan air dan sabun, maka kamu masih menerapkan cara yang salah. Lalu bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar itu?

2 dari 4 halaman

Cara Mencuci Tangan yang Baik Dan Benar

Dilansir Liputan6.com, Selasa (26/2/2019) dari berbagai sumber, WHO selaku organisasi internasional dalam bidang kesehatan dunia mengatakan setidaknya ada 7 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar.

1. Basahi kedua telapak tangan dengan air bersih yang mengalir hingga setinggi pertengahan lengan

2. Kemudian gunakan sabun untuk mengusap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut

3. Usap dan gosok pula punggung tangan secara bergantian

4. Tak lupa juga untuk mengusap bagian sela-sela jari tangan, membersihkan sela-sela jari dilakukan secara bergantian

5. Basuh juga sela-sela jari hingga bersih mengggunakan sabun

6. Gosok dengan cara mengusap memutar pada kedua ibu jari secara bergantian

7. Letakkan jari tangan pada telapak tangandengan cara mengatupnya, lalu gosok dengan perlahan lalu tak lupa gosok pergelangan tangan pula kemudian bilas hingga bersih.

3 dari 4 halaman

Telah Dibuktikan Oleh Para Peneliti

Cara mencuci tangan yang baik dan benar di atas direkomendasikan oleh WHO telah dibuktikan oleh para peneliti. Para peneliti dari Glasgow Caledonian University di Skotlandia. Mereka mengamati sekitar 42 dokter dan 78 perawat.

Doker dan perawat tersebut telah terbiasa membersihkan tangan menggunakan cairan antiseptik dengan tambahan alkohol setelah merawat para pasien. Mereka mencoba mempraktikkan cara yang direkomendasikan oleh WHO di atas.

Hasilnya para dokter dan perawat yang biasa sakit walaupun telah mencuci tangan dengan bahan-bahan antiseptik nyatanya lebih jarang sakit dari biasanya. Cara mencuci tangan yang baik dan benar dari WHO dengan 7 langkah tersebut memang memakan waktu sedikit lebih lama.

Jacqui Reill, PhD mengatakan bahwa 7 langkah cara mencuci tangan yang baik dan benar dari WHO setidaknya memakan waktu sekitar 42,5 detik untuk dilakukan. Rata-rata orang awam mencuci tangan setidaknya memakan waktu hanya 20 detik.

4 dari 4 halaman

Waktu yang Tepat Untuk Mencuci Tangan

Saat kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar, kamu juga perlu tahu kapan saja kamu harus mencuci tanganmu agar terhindar dari kuman dan bakteri. Mengingat bahwa bakteri dan kuman adalah mahkluk yang tak bisa hanya dilihat secara langsung atau organisme mikroskopis, maka penting untuk selalu mencuci tangan.

Secara umum mencuci tangan dilakukan saat sebelum dan sesudah melakukan suatu aktivitas. Namun ada waktu yang disarankan bagimu untuk mencuci tangan agar terhindar dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

1. Sebelum dan sesudah menyentuh orang yang sedang sakit atau orang yang terluka

2. Setelah bersin, batuk atau membersihkan ingus

3. Setelah dari kamar mandi

4. Setelah mengganti popok

5. Sebelum dan sesudah masak atau menyiapkan makanan

6. Sebelum makan

7. Setelah membersihkan sampah

8. Sebelum dan sesudah memasang softlens

9. Setelah memegang hewan

Demikian beberapa waktu dan kegiatan yang disarankan untuk kamu mencuci tangan. Dari kegiatan sederhana mencuci tangan artinya kamu turut berkontribusi untuk menjaga kesehatan dirimu sendiri dan juga orang lain.

Jika kamu malas mencuci tangan, tak heran jika kamu akan mudah terserang berbagai penyakit. Penyakit yang sering dialami orang akibat jarang mencuci tangan dengan baik dan benar seperti mudah terserang penyakit pilek. Selain itu diare, terinfeksi bakteri E.Coli, keracunan makanan dan hepatitis A.

Tak mencuci tangan dengan baik dan benar juga bisa menimbulkan penyakit cairan tubuh dan impetigo. Impetigo adalah infeksi menular yang biasanya menyerang anak-anak ditandai dengan kulit kemerahan dan berkembang menjadi lecet kecil.

Cara mencuci tangan yang baik dan benar sangatlah mudah dilakukan. Hal sederhana seperti mencuci tangan dapat menghindari dirimu dari berbagai penyakit sehingga kamu akan terus sehat dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Loading