Sukses

Enam Cara Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak lama menganjurkan agar kita rajin cuci tangan pakai sabun. Tujuannya agar bakteri tidak sampai masuk ke tubuh sehingga kita terhindar terkena beragam jenis penyakit. Namun, apakah hanya menyabuni tangan dengan sabun, menggosok selama 20 detik sela demi sela di jari, lalu membilas menggunakan air yang mengalir cukup efektif membunuh kuman?

WHO punya enam langkah jitu mencuci tangan yang benar yang direkomendasikan untuk kita, sehingga bakteri tersebut benar-benar terbunuh. Para peneliti dari Glasgow Caledonian Univesity di Skotlandia telah membuktikannya. Setelah mengamati 42 dokter dan 78 perawat yang kerap membersihkan tangan menggunakan cairan antiseptik dengan tambahan alkohol setelah merawat pasien.

Setelah diubah menggunakan enam metode yang dianjurkan WHO, mereka yang biasa mudah sakit padahal sudah rajin cuci tangan menggunakan cairan antiseptik, justru lebih jarang sakit. Jacqui Reilly, PhD, profesor pencegahan dan pengendalian infeksi di Glasgow Caledonian University mengatakan, cara ini memang memakan waktu agak sedikit lama dari cara-cara yang pernah ada, yaitu 42,5 detik.

Berikut enam cara mencuci tangan yang benar menurut WHO, seperti dikutip dari Daily Mail pada Senin (11/4/2016):

  1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan .Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.