Sukses

Lakukan Plank Selama 4 Jam Lebih, Wanita Kanada Pecahkan Rekor Dunia

Liputan6.com, Jakarta Dana Glowacka, memecahkan rekor dunia untuk aksinya melakukan gerakan plank terlama. Wanita asal Kanada ini berhasil melakukan hal tersebut selama empat jam, 19 menit, dan 55 detik.

Glowacka melakukan aksi tersebut pada Mei 2019 di acara 1st International Plank Training Conference di Illinois, Amerika Serikat. Dia meraih "Longest Time in an Abdominal Plank Position" di kategori perempuan.

Dikutip dari Health pada Rabu (12/2/2020), wanita yang merupakan atlet dan guru yoga ini berhasil melampaui pemegang gelar sebelumnya, Maria Kalimera yang pada 2015 lalu, melakukan plank selama tiga jam, 31 menit.

"Saya sangat berterima kasih. Sungguh, jika Anda menempatkan semua diri Anda pada apa yang Anda yakini, Anda akan berhasil," kata Glowacka dalam akun Instagramnya, seperti dikutip dari Women's Health.

2 dari 3 halaman

Butuh Waktu untuk Berlatih

Mengutip laman Guiness World Records, Glowacka mendapatkan motivasi dari sang putra usai dirinya menemukan catatan rekor serupa dalam buku catatan rekor Guiness. Hal ini dilakukannya agar putranya bangga padanya serta menginspirasi orang lain untuk tetap komitmen pada apa yang Anda lakukan.

Dalam latihannya, Glowacka juga meminta instruksi dari George Hood, pria yang memegang rekor plank perut pada 2014.

Menurut Koya Webb, personal trainer bersertifikat, gerakan plank aman apabila tubuh berada dalam posisi yang benar dan otot-otot digunakan secara efisien. Bagi pemula, ini berarti posisi kepala netral dan pinggul sejajar dengan, atau lebih tinggi dari bahu.

"Bentuk plank yang tepat berarti menjaga inti dan paha Anda tetap ketat dan pinggul terangkat. Kaki dan lengan harus selebar bahu, meskipun beberapa orang suka menyatukan kaki," kata Webb.

Marcuss Mitchell, personal trainer bersertifikat dari New York City mengatakan, apa yang dilakukan Glowacka membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapainya.

"Program yang dimulai dari waktu plank pendek dan secara konsisten, membuat Anda mampu plank selama berjam-jam dan mungkin aman. Tubuh bisa beradaptasi luar biasa ketika dilatih dengan benar," kata Mitchell.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini