Sukses

Awal Februari, Waspadai Banjir Akibat Curah Hujan Meningkat

BMKG memprediksikan di awal Februari, curah hujan di beberapa wilayah akan meningkat

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi intensitas hujan yang lebih tinggi di awal bulan Februari.

"Satu minggu ke depan, kami menduga bahwa akan ada penguatan curah hujan di wilayah Indonesia terutama di bagian barat dan selatan yaitu Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi," kata Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Kedeputian Klimatologi BMKG di Jakarta, ditulis Minggu (2/2/2020).

Dalam konferensi pers pada Jumat lalu di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Supari mengungkapkan ada beberapa daerah yang harus meningkatkan kewaspadaan karena adanya potensi banjir akibat curah hujan tinggi pada Februari hingga Maret 2020.

Beberapa daerah ini adalah: Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Curah Hujan Rendah

Di sisi lain, Supari juga mengatakan ada beberapa daerah yang akan mengalami curah hujan rendah sepanjang bulan Februari. Hal yang harus diwaspadai dari ini adalah potensi kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan.

Beberapa wilayah yang mendapat perhatian adalah Aceh, Sumatera Utara bagian Timur, dan Riau.

"Jadi sepanjang bulan Februari kita perlu mewaspadai dua hal. Tadi di wilayah Sumatera bagian Utara di pesisir timur itu ada potensi curah hujan rendah. Sementara di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, potensi curah hujan tinggi," Supari menjelaskan.

Dalam presentasinya, Supari menyebutkan bahwa meskipun kondisi iklim tahun 2020 diperkirakan mendekati pola normalnya, BMKG berharap agar kementerian atau lembaga terkait, serta masyarakat, tetap waspada terhadap potensi dan risiko bencana terkait iklim dan cuaca di masa mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.