Sukses

Minuman Kekinian Serba Brown Sugar, Berapa Kalorinya?

Minuman serba brown sugar tengah populer dan disukai anak muda. Namun, Anda juga perlu tahu kalori di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta Minuman kekinian serba brown sugar (gula merah) sedang populer di kalangan anak muda. Tak heran, kedai kopi atau teh memasukkan menu tambahan 'brown sugar' dalam menu minumannya.

Lantas berapa kalori brown sugar? Data Food and Drug Administration mencatat, brown sugar, yang juga dikenal sebagai raw sugar, mengandung kalori lebih sedikit dibanding gula pasir putih. 

Namun, perbedaannya hanya sedikit. Satu sendok teh (4 gram) brown sugar menghasilkan 15 kalori, sedangkan jumlah gula pasir putih dalam takaran serupa memiliki kandungan 16,3 kalori.

Brown sugar merupakan sejenis gula yang dalam proses pembuatannya dibubuhi molase. Molase berupa cairan dari tetes tebu saat membuat gula pasir. Warnanya kecokelatan seperti gula palem, memiliki wangi karamel, dan rasanya legit.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kandungan Brown Sugar dalam Minuman

Jumlah kalori brown sugar yang ditambahkan ke dalam minuman tentunya bertambah. Dokter Theresia Rina Yunita dari KlikDokter menulis beberapa temuan kandungan brown sugar pada minuman.

Adapun temuan lengkapnya sebagai berikut:

1. Segelas brown sugar boba milk tea mengandung 92,5 gram gula (setara dengan 18,5 sendok teh)

2. Segelas passion fruit green tea (gula 100 persen) mengandung 43 gram gula (setara dengan 8,5 sendok teh)

3. Segelas winter melon tea mengandung 80 gram gula (setara dengan 16 sendok)

4. Segelas jasmine green tea with fruit mengandung 42 gram gula (setara dengan 8,5 sendok teh)

5. Segelas bubble milk tea (gula 100 persen) mengandung 102,5 gram gula (setara dengan 20,5 sendok teh)

3 dari 3 halaman

Anjuran Gula Sehari

Menilik jumlah kandungan gula di atas termasuk tinggi. Sebagaimana Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 30 Tahun 2013 tentang Pencantuman Informasi Kandungan Gula, Garam dan Lemak Serta Pesan Kesehatan Pada Pangan Olahan dan Pangan Siap Saji, anjuran konsumsi gula per orang sehari adalah 10 persen dari total energi (200 kkal) atau setara empat sendok makan per orang per hari (50 gram/orang/hari).

"Agar tidak berlebihan gula, usahakan untuk memesan minuman brown sugar dengan kadar manis yang lebih sedikit alias less sugar. Cobalah perlahan mengurangi kadar gulanya menjadi 70 persen, kemudian 50 persen, hingga 30 persen," saran Theresia, dikutip laman KlikDokter.

"Ini dapat membuat Anda perlahan terbiasa dengan rasa yang kurang manis. Pada akhirnya, konsumsi gula dan kencanduan minuman brown sugar bisa dikendalikan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.