Sukses

Ternyata Gangguan Makan Termasuk Penyakit Mental

Tahukah kamu bahwa gangguan makan termasuk penyakit mental?

Liputan6.com, Jakarta - Penyakit mental merupakan kondisi di mana kesehatan jiwa mengalami gangguan yang memengaruhi emosi, pemikiran, dan perilaku pengidapnya. Penyakit ini menyebabkan seseorang bermasalah dalam keluarga, pekerjaan, dan kegiatan sosial.

Penyakit mental berhubungan dengan stres yang dapat memperburuk kondisi pengidapnya. Biasanya penyakit mental dapat diatasi melalui pengobatan dan konseling. Berikut ini adalah jenis penyakit mental yang perlu Anda ketahui:

1. Gangguan Kecemasan

Seperti yang dilansir dari Better Health Channel, gangguan kesehatan mental ini mencakup gangguan kecemasan sosial, panik, obsesif kompulsif (OCD), dan stres pascatrauma. Gangguan kecemasan ini dapat menyebabkan gangguan signifikan pada kehidupan sehari-hari pengidapnya.

2. Gangguan Perilaku dan Emosi Kepada Anak

Gangguan kesehatan mental ini biasanya terjadi kepada anak-anak termasuk gangguan perilaku (CD) dan gangguan attention deficit Hyperactivity (ADHD). Gangguan perilaku dan emosi ini dapat diatasi dengan terapi, pendidikan, dan pengobatan.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gangguan Suasana Hati

Berdasarkan lansiran dari WebMD, gangguan ini disebut juga dengan gangguan afektif, gangguan yang melibatkan perasaan berkepanjangan, seperti kebahagiaan yang ekstrem dan kesedihan yang ekstrem. Gangguan suasana hati yang paling umum adalah gangguan bipolar, gangguan cyclothymic, dan depresi.

4. Gangguan Psikotik

Gangguan ini melibatkan kesadaran dan pemikiran yang terdistorsi. Gangguan ini memiliki gejala umum, seperti halusinasi dan delusi. Contoh gangguan psikotik yang paling umum adalah skizofrenia.

3 dari 3 halaman

5. Gangguan Makan

Mungkin gangguan makan masih asing di kalangan masyarakat Indonesia. Namun kenyataannya gangguan makan benar-benar ada. Gangguan makan ini mempengaruhi emosi pengidapnya yang ekstrem, sikap dan perilaku yang terobsesi dengan berat badan kurus dan apa yang dimakannya. Gangguan makan yang paling umum, seperti anorexia nervosabulimia nervosa, dan gangguan makan pesta.

6. Kontrol Impuls dan gangguan kecanduan

Seseorang yang mengidap penyakit mental ini tidak dapat menahan dorongan untuk melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri mereka sendiri atau juga orang lain. Gangguan kontrol impuls yang lazim ditemui adalah pyromania (memulai untuk menyulut api), kleptomania (mencuri), dan perjudian kompulsif. Alkohol dan narkoba menjadi objek umum kecanduan. pengidap gangguan ini melibatkan objek tersebut sehingga mengabaikan tanggung jawab dan hubungan mereka.

7. Gangguan Kepribadian

Tanda bahwa seseorang mengidap penyakit mental ini adalah memiliki sifat kepribadian yang ekstrem dan tidak fleksibel sehingga membuat orang tertekan atau menyebabkan masalah dalam pekerjaan, sekolah, dan hubungan sosial. Beikut ini yang termasuk gangguan kepribadian adalah gangguan kepribadian antisosial, obesesif kompulsif, dan paranoid.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.