Sukses

Makan Kulit Pisang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Apa Iya?

Liputan6.com, Jakarta Pisang dikenal sebagai salah satu buah andalan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Namun, apakah kulit pisang juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan?

Sayangnya, hingga kini belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa dengan turut mengonsumsi kulit pisang bisa menurunkan berat badan. 

"Tidak ada penelitian yang dipublikasikan tentang hal ini, jadi saya tidak tahu pasti apa makan kulit pisang bisa menurukan berat badan," kata ahli nutrisi, Cynthia Sass.

Di dalam kulit pisang disebut mengandung serat, prebiotik, dan antioksidan. Namun, karena penelitiannya masih kurang sehingga tidak ada kepastian mengenai kebenaran bahwa kulit pisang dapat menurunkan berat badan.

"Saya pikir tidak perlu memasukkan kulit pisang ke dalam makanan Anda," kata Cynthia seperti dilansir Health, Selasa (10/12/2019).

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditentang Banyak Pihak

Sebelumnya, seorang nutrisionis asal Australia, Susie Burell, mengungkapkan dalam blog pribadinya bahwa kulit pisang bisa dimakan. Namun, hal itu mendapat sanggahan dari banyak pihak. 

"Saya sudah mempelajari pisang selama hampir 15 tahun dan melakukan perjalanan ke setiap benua di mana pisang ditanam dan saya belum pernah melihat orang makan kulitnya," kata Jurnalis Dan Koeppel kepada Today.

Ahli gizi di New York City, Jackie Newgent menambahkan bahwa dia lebih merekomendasikan seseorang menikmati semangkuk oatmeal dengan menambahkan kacang-kacangan untuk menurunkan berat badan.

 

Penulis : Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.