Sukses

Yoga Mata, Teknik Jitu Mengurangi Kelelahan Usai Menatap Gawai

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian menunjukkan rata-rata pekerja kantor menghabiskan 1.700 jam per tahun di depan layar komputer. Belum lagi melihat smartphone atau tablet ketika beristirahat maupun di rumah.

Waktu di depan layar yang berlebihan ini dikaitkan dengan beberapa masalah, seperti mata lelah, mata kering, sakit kepala, dan insomnia. Namun, tetap saja orang masih terus menghabiskan banyak waktunya terpaku pada komputer dan perangkat.

Kebanyakan orang mungkin sulit untuk tidak menggunakan ponsel, tablet, dan komputer mereka dalam jangka waktu yang lama agar mata mereka beristirahat. Untungnya, ada yoga mata yang bisa membantu mengurangi kelelahan mata Namun, itu mungkin tidak berfungsi dalam beberapa kondisi atau penyakit, seperti katarak dan glaukoma.

Sama seperti yoga tradisional, yoga mata ini bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas mata dan untuk membantu meningkatkan fokus. Yoga mata melibatkan serangkaian latihan yang lebih santai yang dapat dilakukan kapan saja di sepanjang hari.

 

2 dari 3 halaman

Yoga Mata

Seperti dikutip Medical Daily, Anda bisa melakukan yoga mata selama 20 detik. Cobalah menemukan objek yang jauh dari Anda dan menatapnya tanpa berkedip selama 20 detik.

Lalu, letakkan ibu jari Anda di bawah objek dan geser fokus Anda di antara objek dan ujung ibu jari Anda.

Anda juga bisa berlatih untuk kelembapan mata, dengan melihat arah yang berbeda atau seperti pola zig-zag selama beberapa detik. "Ini akan membantu meningkatkan kelembaban pada bola mata," melansir laman Mind Body Green.

Selanjutnya, latihan berkedip beberapa kali dan kemudian tutup mata selama 20 detik. Dengan mata tertutup, cobalah untuk melihat ke bawah, ke kiri, ke atas, ke kanan, lalu membalikkan arah menahan setiap posisi selama lima detik.

Selain itu, Anda bisa menggosok tangan bersama-sama untuk menghasilkan panas. Letakkan telapak tangan di atas mata tertutup dan pegang sampai Anda merasakan mata menyerap panas.

Apabila, mengalami gejala masalah mata serius segeralah memeriksakan mata Anda ke dokter.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading