Sukses

Rahasia di Balik Pemerintahan Ratu Elizabeth II yang Sukses

Liputan6.com, Inggris Ratu Elizabeth II telah menjabat sebagai ratu Inggris selama 67 tahun. Ia dicintai oleh rakyatnya. Meskipun sistem monarki mengalami pasang surut selama beberapa dekade terakhir, popularitas Ratu Elizabeth II tetap tinggi sepanjang masa pemerintahannya. 

Menurut penelitian YouGov terhadap 6.782 responden, Ratu Elizabeth termasuk sosok paling populer dari semua anggota Keluarga Kerajaan Inggris.

Responden menggambarkan Ratu Elizabeth II sebagai orang yang mengagumkan, pekerja keras, dihormati, bermartabat, dan berdedikasi. 

Profesor Sejarah Inggris dan Persemakmuran University of London, Philip Murphy, mengungkapkan alasan di balik keberhasilan Ratu Elizabeth II memimpin monarki Inggris.

“Ratu memiliki rasa kewajiban yang luar biasa dalam hal memenuhi  berbagai undangan acara formal yang (sebenarnya) agak membosankan dan berulang-ulang. Tapi dia tak pernah terlihat bosan dan menunjukkan ketidaksabaran atau kemarahan," ujar Murphy, dilansir laman Express, Minggu (3/11/2019), 

"Ratu Elizabeth II punya kontrol diri yang hebat. Dan itu sebenarnya cara yang fantastis sehingga menjadi sorotan."  

 

2 dari 4 halaman

Tidak Pernah Cari Popularitas

Murphy menambahkan, bagaimana Ratu Elizabeth II tidak pernah "memainkan permainan" demi memenangkan hati pers atau publik. Dalam hal ini, memanipulasi pers dan publik.

"Dia tidak pernah mencari popularitas, umumnya popularitas Ratu tetap tinggi. Memang, popularitasnya naik turun. Apalagi sangat tinggi pada dekade awal masa pemerintahannya," tambahnya.

"Pada tahun 70-an Ratu mulai terlihat sedikit bertahan dan mapan. Tentu saja, monarki memiliki masa yang goyah pada 1990-an, puncaknya saat kematian Putri Diana."

Kini, popularitas Ratu bangkit kembali karena semua orang melihat ia berusia 93 tahun. Di usianya yang senja, Ratu tetap menghadiri acara-acara formal.

3 dari 4 halaman

Hadiri Ratusan Pertunangan Kerajaan

Ratu Elizabeth II menjadi Ratu Inggris pada 6 Februari 1952. Setelah Raja George VI meninggal pada usia 56, Putri Elizabeth saat itu berada di Kenya dalam sebuah tur kerajaan.

Baru berusia 25 tahun, Elizabeth terbang kembali ke Inggris usai mendengar kematian ayahnya. Ia menggantikan sang ayah sebagai Ratu Elizabeth II.

Pada 2019, tepat usia 93 tahun, Ratu tetap menjadi anggota aktif Keluarga Kerajaan. Bahkan ia menghadiri 283 pertunangan kerajaan pada 2018.

 

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bertemu Ratu Elizabeth II, Melania Trump Pakai Mantel Kuning Menyala Senilai Rp84 Juta
Artikel Selanjutnya
Ratu Elizabeth II Rekrut Direktur Perjalanan Kerajaan, Gajinya Bikin Terkejut