Sukses

Catat, 4 Keuntungan Mandi Air Dingin

Berikut beberapa manfaat mandi air dingin yang mungkin tidak Anda duga.

Liputan6.com, Jakarta Musim kemarau yang panas seperti saat ini memang paling pas mandi menggunakan air dingin. Tubuh jadi segar usai diguyur air bersuhu dingin.

Selain menyegarkan, berikut beberapa manfaat mandi air dingin yang mungkin tidak Anda duga. Selengkapnya seperti dilansir Purewow, Sabtu (5/10/2019).

1. 'Membangunkan' tubuh lebih baik dari kafein

Bagi Anda yang sedang mengantuk, jangan terburu-buru minum segelas kopi. Mandi menggunakan air dingin menimbulkan efek menyegarkan. Air dingin bisa 'membangunkan' karena suhu yang berlawanan dengan kehangatan tubuh, hal ini membuat detak jantung meningkat dan menghilangkan keinginan untuk tidur.

2. Selamat tinggal kulit kering

Mandi air hangat terasa sangat nyaman tapi ternyata merugikan kulit dan rambut. Suhu tingi pada air bisa membuat kulit kering. 

Sementara, siraman air dingin bisa meredakan kemerahan, bengkak dan menutup pori-pori sehingga menyimpan kelembapan tubuh. Mandi air dingin bisa membuat kulit semakin mulus dan rambut bercahaya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bikin Bahagia

Menurut jurnal penelitian, Medical Hypotheses, mandi air dingin selama 2-3 menit dalam periode 2 minggu ternyata meningkatkan suasana hati. Peneliti juga menyarankan penggunaan air dingin saat memiliki masalah mental seperti depresi.

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Studi oleh Virginia Commonwealth University, Amerika Serikat, menemukan bahwa mandi air dingin secara rutin bisa meningkatkan jumlah sel darah merah. Penemuan ini mendukung penelitian asal Jerman, yang mengatakan bahwa orang yang membersihkan tubuh dengan air dingin selama dua minggu memiliki lebih sedikit risiko sakit flu dibanding yang mandi air hangat.

 

 

Penulis : Selma Vandika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.