Sukses

Tantri Kotak Diduga Positif Toxoplasmosis, Simak Cara Mencegahnya

Taxoplasmosis juga bisa berbahaya bagi bayi jika mereka berkembang di dalam rahim seorang wanita hamil.

Liputan6.com, Jakarta Vokalis band Kotak, Tantri Syalindri Ichlasari yang sedang mengandung anak kedua mengabarkan dirinya diduga positif taxoplasmosis, Rabu (21/8/2019). Melalui unggahannya di Instagram, Tantri mengaku sempat merasa sedih, shock, dan takut.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh suami Tantri Kotak, Arda Naff. “Ya betul, toxoplasmosis itu faktornya banyak banget sih. Salah satunya memang makanan yang gak bersih,” ucapnya.

Dilansir dari WebMD, toxoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit toxoplasma gondii. Anda dapat menemukannya di usus beberapa hewan seperti kucing dan babi. Infeksi toxoplasmosis dapat menyebabkan kista tumbuh di tubuh, biasanya di otak, otot, atau jantung.

Pada individu dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, kemungkinan toxoplasmosis tidak akan menimbulkan masalah. Infeksi ini cenderung bermasalah pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah seperti penderita HIV atau pengidap kanker.

Toxoplasmosis juga bisa berbahaya bagi bayi jika mereka berkembang di dalam rahim seorang wanita hamil. Karena infeksi ini dapat menular pada janin yang dikandung dan menyebabkan masalah pada otak atau mata sang bayi. Maka itu, dokter harus memeriksa apakah infeksi tersebut telah menular ke bayi Anda lewat ultrasonografi atau amniosentesis. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara cegah infeksi toxoplasmosis

Untuk mencegahnya, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1. Gunakan sarung tangan dan cuci tangan dengan teratur setelah beraktivitas di luar ruangan atau di kebun.

2. Jika Anda memelihara kucing dan memiliki kotak berisi pasir, cegah kucing Anda untuk bersentuhan dengan kotak berisi pasir tersebut.

3. Ketika selesai mnyiapkan daging mentah, bersihkan peralatan rumah tangga yang Anda gunakan dengan air hangat dan sabun.

4. Pastikan makanan yang Anda buat dimasak dengan baik, buah dan sayuran dicuci dengan bersih, dan air apa pun yang Anda minum telah diolah.

5. Hindari meminum susu yang tidak dipasteurisasi atau memiliki bakteri, dan telur mentah.

Dan jika Anda memelihara kucing, jaga kucing Anda di dalam ruangan agar tidak terinfeksi oleh parasit. Anda juga harus menJauhkan kucing dari tempat Anda menyiapkan makanan. Tak hanya itu, jika sedang mengandung, Anda dilarang untuk membersihkan kotorannya. 

 

Penulis: Diviya Agatha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini