Sukses

6 Langkah Atasi Insomnia

Berikut ini merupakan strategi untuk meredakan insomnia yang disarankan oleh dokter

Liputan6.com, Jakarta Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur. Seperti yang ketehui durasi tidur yang baik antara 7 hingga 8 jam setiap malamnya. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Bagi Anda yang memiliki masalah insomnia, berikut ini strategi untuk meredakan insomnia dari dokter Timothy dari Mayo Clinic seperti yang dilansir dari laman Self.

1. Biasakan tidur dengan tenang dan santai

Menetapkan rutinitas tidur yang tenang dan juga santai dapat membantu mengatasi insomnia. Anda bisa lakukan dengan cara seperti minum secangkir teh bebas kafein, mandi air hangat, atau mendengarkan musik bertempo lambat yang menenangkan. Hindari juga penggunaan alat elektronik dalam waktu yang lama sebelum Anda tidur.

2. Fungsikan kamar tidur seperti seharusnya

Jadikan kamar tidur menjadi kondusif untuk tidur. Atur pencahayaan, kebisingan dan suhu udara yang nyaman sehingga tidak mengganggu istirahat malam Anda.

Jangan melakukan kegiatan lain selain tidur atau bercinta di kamar tidur. Cara ini dapat membantu tubuh Anda untuk mengetahui fungsi ruang tidur yang sebenarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hindari Kafein dan Alkohol

3. Sembunyikan letak jam

Sebisa mungkin jangan letakkan jam pada tempat yang memudahkan Anda melihatnya. Melihat jam dapat menyebabkan stres dan menyulitkan untuk kembali tidur setelah terbangun di malam hari.

4. Hindari kafein dan alkohol

Hindari minum kafein dan alkohol di waktu malam. Jika Anda tetap ingin minum alkohol sebelum tidur setidaknya batasi hanya satu gelas beberapa jam sebelum tidur. Kandungan kafein dan alkohol dapat mengganggu tidur.

3 dari 3 halaman

Olahraga Teratur

5. Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membantu Anda tidur lelap. Tetapi Anda harus ingat berolahraga terlalu dekat dengan jam tidur justru dapat mengganggu waktu tidur.

6. Bangunlah dari tempat tidur

Jika Anda tidak dapat tidur dalam waktu sekitar 20 menit hendaknya bangun dari tempat tidur dan lakukan aktivitas lain seperti membaca buku hingga rasa mengantuk itu timbul. Ini dapat membantu Anda untuk kembali tidur.

Jika kondisi tersebut berlangsung terus, bicaralah dengan dokter untuk menentukan penyebab dan perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah insomnia yang Anda alami. Dokter akan memberikan resep obat dan meminta Anda untuk mencoba strategi lain untuk mengembalikan pola tidur Anda yang telah terganggu. 

 

Penulis: Eflien Anggelien

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur.

    Insomnia

  • Gangguan tidur merupakan segala bentuk kondisi ketika proses tidur secara baik dan sempurna seseorang tidak terpenuhi.

    Gangguan Tidur

  • tidur

Video Terkini