Sukses

5 Tips Sebelum Berkencan dengan Pria yang Lebih Muda

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang banyak wanita yang mulai berkencan tanpa memikirkan jarak usia seperti seorang pria yang lebih muda. Meski begitu tetap saja ada orang-orang yang akan mengangkat alis ketika mendengar usia pacar baru Anda.

"Hubungan itu tergantung bagaimana Anda melihatnya," tutur Tammy Nelson, terapis seks dan pasangan dan penulis The New Monogamy.

Jika Anda mengincar seorang pria atau wanita yang memiliki usia yang jauh dari Anda, berikut beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda mendekati mereka:

1. Mengetahui yang diinginkan dari hubungan

Jika Anda hanya ingin berkencan, memiliki hubungan, dan bersenang-senang itu hal yang hebat. Jika ingin tenang dan memilki anak dan keluarga dengan pasangan hal itu baik juga.

"Ketika berkencan dengan seseorang yang lebih muda, pikirkan apakah tujuan masa depan Anda selaras," kata psikoterapis asal Chicago, Amerika Serikat, Amanda Berry.

Jangan takut untuk jujur tentang apa yang Anda inginkan dari hubungan tersebut dengan pasangan. 

 

2 dari 4 halaman

2. Ada kemungkinan belum matang secara emosional

 Jika Anda berpikir untuk berhubungan asmara yang serius dengan pria yang lebih muda, ukur kesiapan dia tentang apakah dia dapat mengambil tanggung jawab atas tindakannya.

Perlu diingat bahwa mereka mungkin tidak mahir dalam mengomunikasikan perasaan mereka atau mengatasi masalah dengan dewasa.

Pauletter Sherman, psikolog dan penulis Dating from the Inside Out mengingatkan untuk tidak menciptakan dinamika kekuatan yang tidak merata, mungkin Anda yang menjadi selalu memimpin jalannya hubungan.

3. Tahapan hidup yang berbeda

Jika jarak usia terlalu jauh, mungkin sampai 10 tahun, kehidupan mungkin berbeda. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kehidupan pasangan yang lebih muda, pikirkan seperti apa rasanya bergaul dengan teman-temannya.

Meskipun usia saja tidak memberi tahu seberapa jauh usia seseorang dalam hidup, kemungkinan Anda memiliki pengalaman dan sejarah kencan yang berbeda.

 

3 dari 4 halaman

4. Makna Komitmen Bisa Berbeda

"Anda mungkin berada di tempat yang berbeda ketika sampai pada tahap pacaran," kata Amanda.

"Anda mungkin hanya ingin bersenang-senang dan berkencan atau Anda ingin siap untuk menikah sedangkan mereka tidak," tambahnya.

Amanda mengatakan bahwa bagian penting bagi Anda dan pasangan menyelaraskan dan menempatkan 'komitmen' kalian. Mungkin dia belum tahu apa yang mereka inginkan untuk masa depan, tetapi jika Anda setuju dengan apa yang dia inginkan sekarang, itu sudah setengah jalan.

5. Perasaan saat bersama pasangan

"Perasaan tidak aman akan muncul jika tidak percaya diri ketika berpacaran dengan orang yang lebih muda dari Anda," tutur Jacqualine Schatz, psikoterapis dan ahli hubungan.

Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda merasa baik-baik saja ketika berhubungan dengan orang yang lebih muda.

Berkencan dengan seseorang yang lebih muda dapat meremajakan dan memicu percikan menarik yang sebelumnya belum Anda rasakan. Bersikap fleksibel dan terbukalah secara harfiah dan emosional kepada pasangan.

 

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

4 dari 4 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini