Sukses

Tak Hanya Lezat, Matcha Juga Bisa Redakan Kecemasan

Liputan6.com, Jakarta Matcha tengah jadi tren di dunia kuliner saat ini. Nyaris semua minuman dan camilan diberi bubuhan bubuk matcha sebagai varian rasa. Warna hijau segar dan rasa yang khas memang menimbulkan sensasi tersendiri bagi dunia kuliner. 

Nah, rupanya selain memiliki rasa khas yang lezat, matcha juga menyimpan manfaat menyehatkan terutama dalam meredakan kecemasan. Fakta ini didukung oleh sebuah penelitian ilmiah yang dipublikasikan dalam Journal of Functional Foods.

Studi yang dilakukan terhadap tikus itu menemukan, perilaku kecemasan pada hewan pengerat itu menurun setelah mereka mengonsumsi bubuk atau ekstrak matcha.

 

2 dari 2 halaman

Efek menenangkan

Para peneliti mengatakan, teh asal Jepang tersebut memiliki efek menenangkan pada reseptor dopamin dan serotonin yang aktif ketika suatu makhluk mengalami kecemasan, melansir laman Times of India.

"Meskipun diperlukan penelitian epidemiologis lebih lanjut, hasil dari studi kami menunjukkan bahwa matcha yang telah digunakan sebagai bahan pengobatan selama bertahun-tahun, kemungkinan besar sangat bermanfaat bagi tubuh manusia," ucap Yuki Kurauchi dari Kumamoto University, Jepang.

"Kami berharap penelitian kami akan Matcha bisa memberi manfaat kesehatan bagi dunia," lanjut Kurauchi.

 

Loading