Sukses

Buat Sendiri Masker Matcha di Rumah untuk Wajah Makin Cantik

Liputan6.com, Jakarta Matcha itu populer digunakan untuk minuman atau campuran bahan kue. Padahal, bubuk hijau yang menakjubkan itu bisa memberikan keajaiban bagi kulit Anda.

Anda yang ingin perawatan kulit tapi jenuh menggunakan produk berbahan kimia, matcha bisa jadi pilihannya. Matcha bisa digunakan untuk krim jerawat sampai serum antipenuaan karena banyak antioksidan dan senyawa tanaman yang bermanfaat.

Anda yang ingin meraih manfaat tersembunyi dari matcha bisa membuat masker hijau sendiri seperti dilansir Onegreenplanet.

Matcha itu menjadi bagian dari budaya Jepang sejak abad ke-12. Matcha terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis yang kering dan hancur, yang juga digunakan untuk memproduksi semua jenis teh yang biasa dinikmati.

Namun, bertentangan dengan teh biasa seperti teh hijau, oolong, atau bahkan teh putih, matcha tidak pernah dipanaskan dan pengolahannya minimal berarti kandungan nutrisi dan antioksidannya lebih baik diawetkan. Makanya manfaat kesehatan yang sangat besar matcha bisa membanggakan.

Mengonsumsi daun teh ketimbang menyeduh seperti teh biasa bisa memperbaiki kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan radikal bebas, dan mengurangi risiko kanker.

2 dari 3 halaman

Mengapa Matcha Berwarna Hijau

Mengapa matcha berwarna hijau?

Itu berkat banyaknya klorofil yang dikandungnya. Senyawa tanaman alami ini penting untuk fotosintesis, reaksi kimia ketika sinar matahari berubah menjadi energi.

Yang cukup menarik, klorofil dapat melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi penuaan, yang berarti lebih sedikit keriput dan sedikit bintik matahari. Klorofil juga melindungi kulit kita dengan melindungi dari kotoran dan bahan kimia di lingkungan kita yang bisa menyumbat pori-pori kita.

Senyawa penting lainnya yang ditemukan di matcha, epigallocatechin-3-gallate atau EGCG singkatnya, memberikan sifat anti bakteri dan antibiotik bubuk yang hebat yang membantu kulit berjerawat juga.

Selain manfaatnya pada cacat, antioksidan ini meningkatkan kulit lebih halus dan lebih lentur karena kemampuannya meremajakan sel kulit dan mendukung struktur kulit.

3 dari 3 halaman

Menggunakan Matcha untuk Kecantikan

Cara Memasukkan Matcha dalam Kecantikan

Bubuk matcha ini manfaatnya luar biasa untuk kulit Anda. Matcha sangat mudah digunakan dan menjadikannya bagian dari rejimen kecantikan yang sangat mudah.

1. Coba gunakan matcha sebagai toner - cukup campurkan bubuk matcha dengan beberapa air dan minyak esensial pilihan Anda ke dalam botol semprot - atau gunakan itu sebagai masker atau scrub wajah.

2. Ingin terkelupas (exfoliate)? Cobalah mencampur satu sendok makan matcha, seperempat cangkir minyak kelapa, dan sekitar tiga seperempat secangkir gula putih organik. Kemudian membuat scrub wajah alami yang akan membantu menyingkirkan kotoran.

3. Untuk masker pembersihan pori-pori dengan cepat, cobalah untuk mencampur satu setengah sendok makan tanah liat, setengah sampai seperempat sendok teh bubuk matcha dengan satu sendok makan air.

4. Jika Anda menderita kulit kering dan teriritasi, cukup mencampur adonan matcha bubuk yang sama dengan minyak kelapa akan menciptakan masker dengan mudah, yang pasti akan menenangkan dan merevitalisasinya.

5. Kulit rawan jerawat? Buatlah masker antibakteri dengan mencampur satu sendok makan bubuk matcha dengan beberapa minyak sereh. Selain membunuh bakteri penyebab jerawat, masker ini juga akan membantu menyembuhkan bekas luka yang ada.