Sukses

Ini Olahraga Paling Aman untuk Lansia

Tak cuma aman, olahraga satu ini pun memberikan manfaat bagi ingatan lansia

Liputan6.com, Jakarta Olahraga paling aman untuk orang lanjut usia (lansia) adalah jalan kaki. Bila rutin melakukan aktivitas fisik ini membantu tubuh lansia bugar.

"Yang paling aman (olahraga) buat lansia itu jalan kaki. Ini olahraga yang paling murah juga kan," kata dokter spesialis penuaan (geriatri) Siti Setiati dalam acara konferensi pers 'Hari Lanjut Usia Nasional' di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Berbagai penelitian memaparkan soal manfaat jalan kaki. Dalam jurnal berjudul Physical Activity, Including Walking, and Cognitive Function in Older Women yang terbit di JAMA menemukan, jalan kaki bermanfaat meningkatkan performa kognitif wanita lansia lebih baik.

"Dari jurnal itu jalan kaki meningkatkan fungsi kognitif lansia. Jadi, lansia tidak cepat pikun, kehilangan ingatan," papar dokter yang juga Ketua Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGAMI).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Turunkan Risiko Demensia

Selain meningkatkan fungsi kognitif, jalan kaki untuk lansia dapat menurunkan risiko demensia. Hal tersebut terlihat dari penelitian berjudul Walking and Dementia in Physically Capable Elderly Men yang diterbitkan di JAMA.

Hasil penelitian menemukan, pria lansia yang rajin jalan kaki memiliki risiko rendah kena demensia dan Alzheimer.

"Jalan kaki juga menurunkan risiko alzheimer dan demensia," lanjut Siti yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.