Sukses

Cek, 4 Hal yang Bisa Bikin Anda Susah Tidur

Jika sulit tidur atau mengalami gangguan, cek apakah Anda memiliki beberapa kondisi berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Tidur dengan cukup adalah aktivitas yang wajib dilakukan setiap orang untuk menjaga kesehatan dan tetap aktif saat terbangun. Meski begitu, seringkali kita kesulitan untuk memejamkan mata dan beristirahat di malam hari.

Kurang tidur bisa membuat seseorang menjadi lebih sulit berpikir dan lebih mudah cemas atau merasa marah. Dalam jangka panjang, masalah seperti obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, hingga kematian dini bisa mengintai.

Dilansir dari Harvard Health Publishing pada Minggu (23/6/2019), paling tidak ada empat penyebab Anda tidak bisa tidur di malam hari.

1. Usia

Dr. Suzanne Bertisch dari Harvard Medical School mengatakan, gangguan tidur banyak terlihat pada orang dewasa yang berusia lebih tua. Meski begitu, belum tentu juga usia adalah penyebab Anda sering mengalami sulit tidur.

Suzanne mengatakan, orang dewasa yang lebih tua seringkali merasa bahwa mereka harus bangun di pagi hari, ketika mereka masih merasa mengantuk. Masalah itu sesungguhnya tergantung dari jadwal bangun dan tidur.

"Ritme sirkadian Anda, atau siklus bangun tidur, bisa berubah secara dramatis ketika Anda lebih tua, menyebabkan Anda mengantuk lebih awal," kata Suzanne.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Gaya Hidup

Gangguan tidur juga bisa terkait dengan gaya hidup. Misalnya, konsumsi alkohol di waktu empat jam sebelum tidur.

Selain itu, makan dalam beberapa jam sebelum tidur juga bisa membuat seseorang sulit untuk tertidur. Hal ini karena berbaring dengan perut yang penuh, bisa menyebabkan rasa mulas muncul ketika Anda sedang ingin beristirahat.

Tidur siang terlalu lama juga bisa membuat Anda menjadi lebih sulit beristirahat di malam hari.

Contoh lain adalah konsumsi kafein seperti kopi, teh, dan soda. Mereka bisa memblokir zat kmia otak yang disebut adenosin yang sesungguhnya, membantu Anda tidur.

3 dari 4 halaman

3. Pengobatan

Suzanne mengatakan ada beberapa obat-obatan yang bisa menyebabkan seseorang bangun di malam hari. Misalnya antidepresan, kortikosteroid untuk peradangan atau asma, serta obat tekanan darah tinggi tertentu.

Maka dari itu, Anda direkomendasikan untuk bertanya pada dokter mengenai efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi.

4 dari 4 halaman

4. Kondisi Lainnya

Seringkali, masalah kesehatan tertentu bisa membuat seseorang terkena gangguan tidur. Depresi atau kecemasan, serta rasa khawatir bisa membuat seseorang untuk sulit beristirahat.

Selain itu, pembesaran prostat juga membuat seseorang mengalami dorongan untuk mengosongkan kandung kemih sepanjang malam. Penyakit kronis tertentu juga bisa membuat Anda sulit tidur karena sakit.

Masalah kesehatan lain yang mendasari gangguan tidur lainnya adalah sleep apnea. Kondisi yang membuat Anda mendengkur keras dan terbangun di malam hari merupakan gejala dari masalah tersebut. Hal ini membuat jeda napas menjadi pendek di malam hari dan kantuk di siang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.