Sukses

Sudah Cukup Minum tapi Tetap Haus? Ini 7 Kemungkinan Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang seringkali selalu merasa haus. Padahal konsumsi air rasa-rasanya sudah cukup. Namun, ternyata ada faktor lain yang dapat menyebabkan Anda selalu merasa haus.

Seperti dilansir Reader's Digest, Jumat (7/6/2019) berikut beberapa kemungkinan sering haus.

1. Terlalu banyak konsumsi garam

Garam menyerap air dari sel tubuh. Lalu, sel tubuh tersebut akan mengirimkan pesan pada otak untuk menandakan tubuh yang kekurangan air. Oleh karena itu, Anda akan merasa haus kembali.

Coba memang hari ini merasa terlalu banyak konsumsi garam, coba kurangi. Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan konsumsi garam tidak melebihi 2000 mg natrium/sodium atau 5 gr (1 sendok teh) per hari.

2. Lari 

"Anda akan membutuhkan konsumsi air lebih banyak saat Anda berkeringat lebih banyak dibanding biasanya," kata MD Peter Mayock.

Mayock mengatakan bahwa saat Anda berolahraga, tubuh akan kehilangan cairan melalui keringat. Jika Anda tidak menggantikan cairan tersebut maka Anda akan merasa haus. Tidak ada formula yang menjelaskan berapa banyak air yang harus diminum. Namun, Anda harus mengikuti kebutuhan tubuh Anda.

 

2 dari 3 halaman

3. Terlalu Lama di Bawah Sinar Matahari

Meski Anda tidak banyak beraktivitas, Anda dapat mengalami dehidrasi ketika berada di bawah paparan sinar matahari. Jika Anda mengetahui dengan pasti bahwa Anda akan beraktivitas diluar ruangan maka pastikan botol minum di tangan.

4.Diabetes

"Dehidrasi menyebabkan tubuh ingin menjaga cairan yang ada. Pada saat seseorang dengan diabetes membuat tubuh mengeluarkan urine, sehingga jadi cepat haus," kata dokter Peter Mayock

Dokter Peter Mayock mengatakan bahwa kebanyakan pasiennya memiliki tiga gejala diabetes yakni haus berlebihan, selalu buang air kecil dan pandangan tidak jelas. Jika Anda mengalami ketiga gejala tersebut, bicarakanlah dengan doktor Anda.

5. Produksi saliva kurang

Peter Mayock mengatakan bahwa kondisi mulut kering merupakan hal yang jarang terjadi. Kondisi ini terjadi saat mulut tidak memproduksi saliva dalam jumlah cukup sehingga Anda merasa haus untuk menghilangkan kondisi ini. Jika Anda mengalami hal ini secara terus menerus, kunjungilah dokter Anda untuk mendapat informasi lebih lanjut.

 

3 dari 3 halaman

6. Anemia

Tubuh bersandar pada sel darah yang sehat yang disirkulasikan ke seluruh tunuh. Pada kondisi yang sudah parah, orang dengan anemia merasa cpeat haus serta lelah. 

7. Efek Samping Obat

"Ada berbagai obat yang dapat mempengaruhi muluat Anda dan membuat Anda memiliki mulut kering," kata Peter Mayock.

Contoh obat anticholinergic dan diuretic yang digunakan untuk pasien darah tinggi berpontensi menyebabkan mulut kering. Pastikanlah Anda selalu mengkonsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter.

Penulis: Khairuni Cesario

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Turunkan Berat Badan: Minum Air Putih Sebelum Makan
Artikel Selanjutnya
Saat Makan Obat, Perlukah Minum Air Putih Lebih Banyak?