Sukses

Dokter Sarankan Tidak Berbuka Puasa dengan Cokelat

Ada baiknya untuk Anda dengan keluhan asam lambung tidak menyantap cokelat untuk hidangan buka puasa.

Liputan6.com, Jakarta Es cokelat atau mengunyah bar cokelat kerap jadi andalan banyak orang ketika berbuka puasa. Namun, ada baiknya untuk Anda dengan keluhan asam lambung tidak menyantap cokelat.

Seperti mengutip Klikdokter.com, dokter Atika mengatakan berbuka puasa dengan cokelat, terutama cokelat hitam tidak dianjurkan. Selain mengandung lemak, cokelat hitam mengandung kafein yang bisa membuat asam lambung naik.

"Lebih baik pilih makanan kecil lainnya dibanding cokelat. Cokelat hitam mengandung kafein yang bisa bikin lambung kosong menjadi perih akibat asam lambung yang naik,” kata Atika.

Ia juga tidak menyarankan mengonsumsi cokelat susu atau white cokelat untuk berbuka puasa. Alasannya karena kandungan lambung yagn tinggi sehingga bisa membuat perut bermasalah. 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Berlemak Tingkatkan Produksi Asam Lambung

Mengonsumsi makanan yang tinggi lemak membuat perut menghasilkan banyak asam lambung. Ketika produksi asam lambung meningkat, kemungkinan asam lambung ke kerongkongan meningkat.

Selain cokelat, hindari mengonsumsi makanan dan minuman lain, seperti goreng-gorengan, fast food, minuman bersoda, kopi, dan teh yang dapat meningkatkan asam lambung. Bahkan, makanan yang mengandung tinggi gula serta makanan bergas, seperti sayur kol, nangka, sawi, dan roti putih juga bisa bikin asam lambung bergejolak.

 

 

Penulis: Ayu Maharani/Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.