Sukses

Tips Jaga Kulit Tetap Segar dan Indah Selama Puasa Ramadan

Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik selama puasa, ada lima cara yang bisa Anda praktikkan

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tantangan ketika berpuasa Ramadan adalah menjaga penampilan tetap segar. Ini karena saat berpuasa, kulit cenderung lebih cepat mengalami dehidrasi dari biasanya.

Untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik, ada lima cara yang bisa Anda praktikkan, melansir laman Alarabiya:

1. Minum air

Minum air adalah kunci menjaga kelembapan kulit. Selama puasa Ramadan, Anda bisa minum banyak air di waktu antara berbuka hingga sahur. 

Sebaiknya hindari minum jus, soda, serta kopi. Kandungan kafein dalam kopi memicu dehidrasi. Sebagai gantinya, Anda bisa minum air detoks seperti infused water mentimun, mint, dan lemon. Perpaduan ketiga bahan tersebut akan menghidrasi kulit secara instan karena mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, asam folat, vitamin C, kalsium, iron, magnesium, fosfor, potassium, dan zinc.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hindari makeup tebal

2. Rawat kulit

Menjaga kelembapan kulit sangat penting selama Ramadan. Anda bisa mengeksfoliasi dan mengoleskan pelembap secara rutin. Jangan lupa untuk memberi perawatan ekstra pada bagian mata karena mata panda cenderung hadir selama bulan puasa akibat pola tidur yang berubah.

Cobalah tidur selama 8 jam setiap hari dan oleskan krim mata serta kompres mata dengan mentimun untuk mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

3. Hindari makeup tebal

Hindari mengaplikasikan makeup tebal seperti penggunaan foundation dan concealer selama puasa Ramadan. Sinar matahari dan makeup tebal bisa membahayakan kulit dan menyebabkan jerawat.

Alih-alih menggunakan makeup tebal, gunakan sunblock dan bila menggunakan makeup tak terhindarkan, pilih makeup yang bersahabat di kulit seperti BB cream dan lip balm yang mengandung SPF.

3 dari 3 halaman

Pilih cemilan sehat

4. Gunakan spray wajah

Simpan spray di kulkas agar tetap dingin. Semprotkan spray ke seluruh wajah sesering yang Anda inginkan. Ini akan mendinginkan kulit serta menyediakan kelembapan yang cukup bagi kulit.

5. Pilih kudapan sehat

Setelah berbuka, pastikan Anda mendapat asupan serat yang cukup dari kacang-kacangan dan buah berri. Keduanya bersifat antioksidan, kaya serat, rendah lemak kolesterol, serta sumber yang baik bagi vitamin dan mineral.

Selain menutrisi dan menghidrasi kulit, kudapan kacang-kacangan dan buah berri juga bersifat anti-aging.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini