Sukses

Kenali 8 Tanda Awal Demensia

Liputan6.com, Jakarta Lupa menaruh dompet atau melupakan nama teman anak Anda adalah hal yang wajar. Namun, beberapa hal lain dapat menandakan kondisi kronik yang dinamakan demensia.

“Individu dewasa seringkali melaporkan kesulitan dengan memori jangka pendek seperti mengingat nama yang baru diketahui atau alasan mereka masuk ke sebuah ruangan. Tapi individu yang sehat biasanya dapat mengingat kembali hal tersebut,” ungkap dr Babak Tousi dari Klinik Lou Ruvo Center untuk kesehatan otak di Ohio, AS.

Dokter Babak Tousi menjelaskan bahwa demensia disebabkan oleh kerusakan sel otak yang menyebabkan kesulitan berkomunikasi dengan orang lain. Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan kondisi ini. Namun, ada beberapa obat yang dapat membantu kondisi ini.

Melansir laman Health, inilah beberapa gejala awal yang biasanya muncul pada demensia:

1. Kehilangan memori

Pada awalnya, memori jangka pendek seseorang akan mulai menurun. Seseorang dengan demensia mungkin akan memiliki masalah dalam mengingat peristiwa yang baru terjadi seperti percakapan atau pertemuan yang baru dilakukan. Selanjutnya, saat penyakit semakin parah, memori jangka panjang juga akan memudar bahkan akan sangat sulit untuk mengingatnya.

 

2 dari 5 halaman

Salah menaruh benda

2. Kegiatan sehari-hari terasa semakin berat

Orang dengan demensia seringkali memiliki masalah dalam pemecahan masalah dan perencanaan suatu hal yang membuat sulit untuk menyeimbangkan kegiatan sehari-hari. Kegiatan sehari-hari yang biasanya mudah dilakukan dapat menjadi permasalahan yang sullit bagi orang dengan demensia.

3. Salah menaruh benda

Meninggalkan kunci dikantong adalah hal yang biasa terjadi tetapi meninggalkannya di lokasi seperti kulkas kemungkinan merupakan gejala demensia. Seseorang tanpa dementia juga biasanya akan sulit untuk mengingat lokasi suatu benda.

3 dari 5 halaman

Sulit berkomunikasi

4. Tidak memiliki motivasi

Seseorang dengan demensia biasanya akan selalu merasa tidak memiliki semangat untuk beraktivitas bahkan untuk melakukan hobi atau aktivitas kesukaan. Ini merupakan hal yang sangat umum sehingga seringkali dianggap sebagai depresi.

5. Komunikasi menjadi sulit

Percakapan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan karena pasien kesulitan dalam penggunaan bahasa. Seseorang dengan demensia biasanya kesulitan untuk menggunakan kata yang tepat dalam percakapan. Hal ini akan menyebabkan seringnya salah menggunakan kata dalam percakapan.

4 dari 5 halaman

Karakter berubah

6. Tersesat saat menyetir

Menyetir merupakan hal yang sulit karena orang dengan dementia akan kesulitan untuk mengingat jalan. Selain itu, kemampuan menyetir juga akan menurun secara bertahap khususnya kemampuan untuk menduga jarak yang dapat membahayakan bila dipaksakan.

7. Karakter berubah

Kepribadian yang berubah adalah hal yang umum dalam demensia. Gejala awal kondisi adalah sulitnya mengendalikan perilaku seperti kesulitan untuk menahan keinginan untuk melakukan sesuatu. Demensia juga bisa menyebabkan seseorang selalu merasa cemas. 

 

Penulis: Khairuni Cesario

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video berikut ini:

  • Dementia sering disalahartikan sebagai penyakit pikun. Namun sebenarnya, demensia bukanlah penyakit melainkan gejala suatu penyakit.
    Demensia
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Penyebab Kematian Terbesar pada Penderita Demensia, Waspadai
Artikel Selanjutnya
Jamur Bermanfaat Cegah Demensia dan Menurunnya Kualitas Otak