Sukses

Kulit Gatal-Gatal di Pagi Hari, Tanda Alergi Udara Dingin?

Cek keterangan dokter tentang penyebab kulit gatal di pagi hari.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang kadang mengeluhkan kulitnya gatal-gatal di pagi hari. Banyak yang menyebut hal ini timbul karena alergi udara dingin. Benarkah karena alergi?

"Itu termasuk non-alergi. Udara hanya kontak tanpa masuk ke dalam tubuh dan memengaruhi sistem imun. Kalau alergi disebabkan oleh zat asing yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan reaksi imunitas," ujar konsultan alergi dan imunologi anak, dokter Budi Setiabudiawan di Rumah Maroko, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Tidak hanya karena udara, reaksi non-alergi ini bisa terjadi karena stres. Berbeda dengan alergi, non-alergi kebanyakan mulai dialami ketika dewasa.

Namun, alergi maupun non alergi bisa ditangani dengan cara yang sama. "Sama saja cara mengobatinya. Yang membedakan hanya pada mekanisme kekebalannya saja," tuturnya.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alergi Tidak Bisa Disembuhkan

Meskipun tidak bisa disembuhkan, alergi masih bisa dicegah dan dikontrol.

"Alergi maupun non-alergi itu penyakit atopik yang tidak akan muncul ketika tidak ada pemicunya. Jadi, hindari pemicunya. Sesedikit apapun itu," jelasnya.

Ia tidak menyarankan untuk memaksakan diri melawan alergi, karena pada kenyataannya kondisi tersebut tidak bisa disembuhkan dan bisa menyebabkan jantung atau hipertensi jika tidak dikontrol dengan baik.

"Lebih baik cari alternatif cara supaya tidak terkena alergi. Atau dicegah di usia dini dengan memberikan ASI pada anak, kasih makanan padat di usia 6 bulan, boleh diblender dan hindari asap rokok. Kalau enggak dapat ASI, bisa berikan susu formula hidrolisan atau susu kedelai," tutupnya.

 

 

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.