Sukses

5 Cara Membasmi Tikus dengan Bahan Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu mendengar bunyi cicitan tikus di atap rumahmu? Tentu rasanya sangat menganggu bukan? Hewan bertubuh kecil ini memang dibenci oleh banyak orang karena hidup di daerah ynag kotor seperti got, loteng, karung, basement, pipa, lemari dapur, dekat pohon, semak, dan gudang.

Selain itu, tikus juga bisa menimbulkan sejumlah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Penyakit yang bisa ditimbulkan oleh tikus antara lain adalah, PES, Leptospirosis, Rat Bite Fever atau RBF dan penyakit lainnya.

Sayangnya, untuk mengusir tikus bukanlah perkara mudah. Hewan ini cerdik dan tahu benar bagaimana perangkap bisa membunuhnya. Ada sejumlah cara membasmi tikus yang biasa dilakukan orang, seperti menggunakan racun tikus ataupun lem tikus.

Memang, dengan dua cara tersebut biasanya ampuh tetapi jika dilakukan secara terus menerus hal ini bisa berdampak untuk kesehatan manusia. Kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami yang tidak kalah ampuh untuk membasmi tikus-tikus yang berkeliaran. Nah, bagaimana cara membasmi tikus dengan bahan alami tersebut?

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/3/2019) cara membasmi tikus dengan bahan alami yang bisa kamu praktikkan di rumah.

2 dari 3 halaman

Cara membasmi tikus dengan bahan alami

1. Kulit telur

Jika biasanya kulit telur kamu buang begitu saja, kali ini kamu bisa memanfaatkannya sebagai salah satu cara membasmi tikus dengan kulit telur. Kulit telur ternyata memiliki lapisan kapur yang menyusun 9 - 12 persen dari berat telur secara total. Berikut cara membasmi tikus dengan kulit telur

- Pisahkan kulit telur dengan telur sebanyak-banyaknya, hingga kamu kira cukup.

- Kemudian, haluskan semua kulit telur tersebut hingga menyerupai bubuk

- Taburkan bubuk kulit telur ini di tempat yang kamu curigai akan keberadaan tikus

- Bubuk ini akan dapat membunuh tikus saat terkena. Tikus akan langsung menggeliat beberapa saat, berputar dan berbalik, hingga akhirnya mati.

2. Cuka

Cara membasmi tikus yang kedua ialah dengan cuka. Cuka memang terkenal efektif untuk membasmi serangga seperti semut dan lain sebagainya. Sebelumnya siapkan beberapa bahan di bawah ini terlebih dahulu:

- Bola kapas

- Cuka

- Mangkuk

Berikut cara membasmi tikus dengan cuka sebagai berikut

- Ambil bola kapas lalu siramkan sedikit air cuka ke bola kapas tersebut

- Letakkan 1 bola kapas di setiap area yang dicurigai sebagai jalur keluar masuk tikus didalam rumahmu

- Lakukan hal ini secara rutin. Bila kamu menemukan bola kapas yang sudah kering dan sudah tidak ada bau cuka lagi. Ganti bola kapas tersebut dengan bola kapas yang baru. Jangan lupa sebelumnya lumuri dengan air cuka terlebih dahulu ya.

3. Bubuk kopi

Bubuk kopi tidak hanya nikmat ketika diminum saja, bubuk kopi juga ternyata mampu mengusir tikus yang bandel. Kopi mampu menyamarkan indera penciuman tikus. Bau yang tajam dari bubuk kopi, membuat tikus akan menghindari daerah yang ada bubuk kopi tersebut.

Cara membasmi tikus dengan bubuk kopi sangat sederhana. Taburkan bubuk kopi di daerah yang biasanya tikus datang. Diamkan beberapa hari, ulangi jika baunya dirasa sudah mulai memudar. Untuk diingat, bubuk kopi yang digunakan harus bubuk kopi hitam ya!

3 dari 3 halaman

Bahan alami untuk membasmi tikus

4. Cengkeh

Cara membasmi tikus dengan bahan dapur lainnya, bisa menggunakan cengkeh. Meski cengkeh menyimpan bau yang harum dan bisa menenangkan tubuh tetapi aroma cengkeh yang kuat tidak disukai tikus. Aroma yang dikeluarkan oleh cengkeh akan membuat tikus pergi dengan sendirinya.

Cengkeh yang kamu gunakan harus berupa cengkeh yang sudah kering, ya! Atau, kamu juga bisa menggunakan cengkeh yang dilapisi dengan bungkusan kain kasa untuk mengusir tikus. Kemudian, letakkan cengkeh yang telah dilapisi kain kasa ke sudut-sudut tertentu yang kamu curigai sebagai sarang tikus.

Tunggu hingga beberapa hari, nanti bunyi cicitan tikus tidak akan terdengar lagi. Efektif, sederhana dan sangat aman bukan? Layak dicoba nih!

5. Bawang

Bawang tak hanya bisa digunakan sebagai pelengkap rasa sebuah makanan, bawang putih berperan hebat dalam mengusir tikus dari rumah dengan ampuh. Aroma bawang ini dianggap tikus sangat menganggu. Namun, sebelumnya siapkan beberapa bahan di bawah ini terlebih dahulu:

- Kain kasa

- Bawang putih

Berikut cara membasmi tikus dengan bawang:

- Iris beberapa bawang putih hingga kamu rasa cukup

- Bungkus bawang putih ke dalam kain kasa

- Setelah dibungkus, letakkan bungkusan bawang putih yang telah dilapisi kain kasa ke daerah yang sering dihampiri tikus.

- Diamkan selama beberapa hari dan tikus tak akan berani datang lagi..

Nah, di atas adalah cara membasmi tikus dengan bahan alami, daripada menggunakan bahan kimia tentunya lebih aman menggunakan bahan alami. Apalagi jika bahan tersebut bisa kamu temukan di rumah.

Loading