Sukses

Catatan IDI soal Jawaban Ma'ruf dan Sandiaga tentang Stunting

Bila konsep antara periodesasi waktu dengan program stunting dari kedua kubu digabung, bakal jadi ide loncatan atasi stunting.

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencatat bahwa calon wakil presiden (cawapres) Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno sama-sama menyampaikan misi akan membenahi jaminan kesehatan nasional (JKN) dan menurunkan angka stunting. Namun, IDI ingin pendalaman dari jawaban tersebut.

"Ya, sama-sama menyinggung ya, cuma kami menginginkan pendalaman dari program ini. Komitmen dalam pendalaman ketika membenahi seperti apa," tutur Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Daeng M Faqih, kepada Health-Liputan6.com, Senin (18/3/2019).

Soal stunting, IDI menilai ada perbedaan angle kedua kubu dalam mengatasi masalah kekerdilan (stunting) yang tidak hanya berdampak secara fisik, melainkan juga kognitif ini.

Kubu Ma'ruf lebih melihat solusi dari periodesasi waktu, saat hamil, melahirkan, dan bayi lahir atau 1.000 hari pertama kehidupan. Sementara, fokus Sandiaga mengatasi stunting lewat pemberian protein tambahan seperti susu, tablet, dan kacang hijau.

"Itu sama-sama benar, tapi angle-nya saja yang berbeda," kata Daeng.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bila digabungkan akan lebih baik

Bila konsep antara periodisasi waktu dengan program digabung, kata Daeng, akan menjadi sebuah hal yang bagus dalam menurunkan angka stunting.

"Gabungan ini kalau didalami bagus. Dilihat dari periode waktu lalu programnya apa, sehingga timbul ide-ide loncatan program, sehingga target menurunkan stunting bisa tercapai," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini