Sukses

Mengenal Kolostrum, Istilah yang Disinggung Ma'ruf Amin dalam Debat Cawapres

Kolostrum sempat disinggung oleh Ma'ruf Amin dalam Debat Cawapres 2019 semalam. Ini kehebatan cairan ini.

Liputan6.com, Jakarta Dalam Debat Cawapres 2019 pada Minggu malam, 17 Maret 2019, Ma'ruf Amin membahas mengenai kolostrum dalam upaya penekanan kasus stunting di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa aspek gizi apalagi pemberian air susu ibu (ASI) merupakan aspek penting guna menekan masalah stunting.

"Terutama sekali ketika susu ibu keluar pada saat melahirkan yang oleh dunia kedokteran sebagai kolostrum," kata Ma'ruf Amin.

ASI yang dikeluarkan pada tujuh hari pertama setelah bayi lahir disebut kolostrum seperti dikutip dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia. Manfaat cairan berwarna kekuningan ini besar sekali bagi imunitas bayi.

"Kolostrum sangat baik diberikan pada bayi baru lahir karena mengandung banyak antibodi dan sel darah putih, serta vitamin A yang diperlukan bayi karena dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi dan alergi." seperti dikutip laman IDAI, Senin (18/3/2019).

 

 

Saksikan juga video berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah anak 'kuning'

Konselor laktasi Ameetha Drupadi juga pernah menjelaskan soal manfaat kolostrum. Salah satunya mengurangi kemungkinan bayi mengalami 'kuning'.

"Tetapi dari awal harus disusuin, kan ada kolostrum tuh di tiga hari pertama yang mengikuti kebutuhan bayi. Paling cuma keluar 5 mili, itu udah normal, udah banyak," kata Ameetha dalam sebuah kesempatan di Jakarta beberapa saat lalu. 

Bila ibu tetap berusaha menyusui bayi dengan cara perlekatan yang benar, lama-lama kolustrum akan hadir. Makin lama akan makin banyak jumlahnya di pekan pertama usai melahirkan.

Sesudah kolostrum hadir, di hari kelima-ketujuh ASI akan berwarna putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.